Pertalite Diganti CNG, CNG Lebih Irit 55 Persen, Full Tank CNG Bisa untuk 100 KM

Pertalite Diganti CNG, CNG Lebih Irit 55 Persen, Full Tank CNG Bisa untuk 100 KM

Pertalite diganti CNG karena diklaim CNG lebih irit 55 persen. Full tank CNG bisa untuk 100 km.-Ilustrasi Rezza Rizaldi/Radartasik.com-

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Kabar terbaru nih. BBM jenis Pertalite diganti CNG (Compressed Natural Gas).

Rencana BBM jenis Pertalite diganti CNG disampaikan M Haryo Yunianto selaku Direktur Utama PGN (Perusahaan Gas Negara).

Alasan BBM jenis Pertalite diganti CNG karena diklaim compressed natural gas atau CNG lebih Irit 55 persen dibanding dengan Pertalite.

Dalam informasi yang disampaikannya, diklaim bahwa pengisian sekali full tank CNG bisa untuk 100 km untuk sepeda motor.

BACA JUGA: Harga BBM Resmi Naik, Cek Harga Pertalite dan Harga Pertamax 14 Desember 2022

Compressed Natural Gas (CNG) merupakan bahan bakar gas yang dibuat dengan melakukan kompresi metana (CH4) yang diekstrak dari gas alam.

CNG disimpan dan didistribusikan dalam bejana tekan, biasanya berbentuk silinder. CNG memiliki tekanan 200 bar, dengan tangki yang lebih besar ketimbang LGV.

CNG telah digunakan di berbagai negara, terutama untuk transportasi umum. Di Indonesia, angkutan umum yang telah menggunakan CNG, antara lain bus Transjakarta.

Harganya Rp 3.100 per liter setara premium (lsp) dan rencananya akan dinaikkan menjadi Rp 4.100 per lsp.

BACA JUGA: BBM yang Dilarang Dijual Mulai 1 Januari 2023, Daftar Lengkap Harga BBM se-Indonesia, Aturan Terbaru Soal BBM

CNG digunakan di daerah-daerah yang memiliki sumber gas atau terdapat pipa gas bumi. Tak mengherankan kalau SPBG CNG terbatas jumlahnya.

Dikutip dari disway.id, pihak Pertamina mengklaim dengan menggunakan CNG lebih irit 55 persen dari Pertalite.

Dengan menggunakan bahan bakar pengganti Pertalite dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan disinyalir mampu meningkatkan kesejahteraan pengguna sepada motor.

M Haryo Yunianto selaku Direktur Utama PGN mengungkapkan dalam perhitungan penggunaan BBM Pertalite 4 liter per hari, maka dengan menggunakan CNG dapat menekan ketergantungan pada subsidi BBM setara 125 ribu kilo liter per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id