Sejarah Batu Hiu Wisata Alam di Pantai Pangandaran, Disebut Sebagai “Tanah Lot” nya Jawa Barat

Sejarah Batu Hiu Wisata Alam di Pantai Pangandaran, Disebut Sebagai “Tanah Lot” nya Jawa Barat

Pantai Batu Hiu salah satu wisata alam di Pantai Pangandaran yang disebut Tanah Lot nya Jawa Barat yang bisa dikunjungi sebagai tempat wisata alam.-Foto:tangkapanlayar/doktourism.pangandaran.go.id-

PANGANDARAN, RADARTASIK.COM - Berbagai tempat wisata alam di Pantai Pangandaran memiliki sejarah masing-masing. Salah satunya Batu Hiu wisata alam di Pantai Pangandaran yang tidak lah denga. Tanah Lot di Bali.

Bahkan Batu Hiu disebut sebagai Tanah Lot nya Jawa Barat. Batu Hiu berada di laut lepas Samudera Hindia. Memiliki view berupa bukit karang ada juga batu kurang yang menjorok ke tengah laut dan di tengah laut ada batu karang yang mirip dengan ikan hiu. Dari sanalah disebut Pantai Batu Hiu.

Pantai Batu Hiu cocok untuk dijadikan destinasi wisata bersama keluarga. Bila ingin berkunjung ke Batu Hiu jangan lupa untuk membawa bekal makanan yang bisa kita nikmati bersama keluarga.

Di area Batu Hiu ditumbuhi vegetasi Pandan Wong sehingga terasa nuansa teduh di sekitarnya. Batu Hiu bisa kita kunjungi setelah berkeliling tempat wisata lain yang ada di Pantai Pangandaran.

BACA JUGA:Cemal Cemil Khas Pantai Pangandaran, Bisa Coba Keripik Rumput Laut Juga Keripik Cumi

Dilansir dari tourism.pangandaran.go.id, Pantai Batu Hiu juga kerap menjadi lokasi foto shoot pre-wedding karena memiliki panorama alam yang indah.

Selain itu terdapat situs makam keramat yang dikaitkan dengan cerita rakyat yang konon katanya di tempat tersebut pernah disinggahi sejumlah pasukan buangan kerajaan Mataram yang dinamakan Ki Braja Lintang yang dipimpin oleh Aki Gede dan Nini Gede.

Tidak jauh dari Pantai Batu Hiu terdapat  konservasi penyu yang dikelola oleh Kelompok Pengawas Masyarakat Biota Laut (POKWASMAS). 

Lokasi tersebut dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari Tourist Information Center ke arah barat sekitar ± 150 menit.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Pantai Pangandaran, Cemal Cemil Keripik Cumi Juga Rumput Laut

Di penangkaran penyu, wisatawan dapat melihat berbagai jenis penyu seperti penyu hijau, penyu tempayan dan penyu pipih. Wisatawan juga berpeluang ikut serta melepaskan tukik (anak penyu) ke laut lepas ketika tukik sudah berusia 3-5 bulan.

Berlokasi di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Pantai Batu Hiu berjarak ± 22 km dari Pangandaran dan dapat ditempuh dalam waktu 35 menit dengan menggunakan kendaraan.

Wisatawan yang hendak berkunjung ke Pantai Batu Hiu dapat menggunakan angkutan umum dari terminal Pangandaran menuju Gapura Pantai Batu Hiu yang letaknya berada di sebelah kiri jalan Raya Pangandaran - Cijulang.

Setelah itu, wisatawan dapat menggunakan becak atau berjalan kaki menuju Pantai Batu Hiu dengan jarak tempuh sekitar 500 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: