Juara Kopi

Juara Kopi

Suasana acara Java Coffee Culture di Jalan Tunjungan, Surabaya, 27 November 2022.-Julian Romadhon-Harian Disway---

Kejuaraan di berbagai bidang kopi pun mulai rutin diadakan. Tingkat regional. Lalu tingkat nasional. Juaranya dikirim ke tingkat internasional. Seperti John Christopher itu. 

Pontianak yang punya anak, Bandung yang punya nama. Itulah Indonesia.

Yang juga seru adalah kejuaraan cup tester. Yakni untuk menentukan siapa yang punya lidah emas: bisa tahu mana kopi paling enak di antara 12 ramuan  kopi di cangkir yang berbeda-beda. Ia juga harus benar dalam menyebutkan kopi jenis apa saja yang diramu di masing-masing cangkir. Dan yang lebih penting: berapa lama ia/dia bisa memutuskan jawabannya.

Lalu ada kejuaraan barista. 

Untuk regional Indonesia Timur tahun ini, juaranya Ferdy Hidayat. Asal Banjarmasin. Ia masih kuliah di Stikes Husada Banjarmasin. Ia ambil jurusan rekam medik dan informasi. Ia siap menantang juara dari wilayah barat, mungkin baru dilaksanakan Januari depan. Ferdy, anak PNS, ingin jadi juara nasional. Ia ingin mengikuti jejak John meski beda kategori: John juara brewer. 

Di balik mode cafe ternyata ada gelombang besar yang lagi menggeliat. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan Edisi 5 Desember 2022: Merencanakan Nasib

Richolas Tjhai

Jalan memang (hanya) sepanjang 90km, bagi yg pernah menempuh jalan pontianak - kijing - singkawang pasti sudah tahu. Kiri kanan jalan mepet kali dan rumah warga. Pembebasan lahan untuk pelebaran jalan sepertinya tidak bisa selesai dalam 2-3 tahun.

omami clan

Sekedar info, untuk yang agak sulit login pernah ada komentator yang menyarankan memakai opera mini. Kemarin dulu saya abaikan, tapi karena tidak tahan berlama-lama tidak komen saya coba pakai opera dan hasilnya pagi ini bisa komen. Lega rasanya seperti lama kerja di luar kota terus cuti, ketemu bini yang sudah lama menunggu. Tapi baiknya konsul sama bli LP dulu biar tidak terjadi "sue ora ketemu, ketemu pisan ora sue". Tiap kadal

Arala Ziko

aduh kalau ngomongin pelabuhan pontianak yg 3T itu, jadi teringat pelabuhan kab sukadana (kalbar) yg 70M pakai dana apbn. Sampai hari ini sepertinya belum berfungsi karena dangkal. 2016 waktu itu jokowi ke sukadana utk acara sail karimata sekaligus meresmikan pelabuhan. Memang yg punya acara adalah pak oso, putra daerah. yg menarik kalau ditanya tentang oso, banyak sekali cerita2 mengenai oso oleh warga sana, kalau musim durian boleh mampir ke sana, kalau pas panen raya, 1buah durian hanya dihargai 3rb sampai 7rb saja

Gito Gati

Dimasa lalu, eropa menjajah dunia dg cara kolonialisme sehingga membawa penderitaan beratus tahun. Indonesia juga merasakan kolonialisme itu dari belanda selama 350 tahun. Sekarang, eropa tetap ingin menjajah dunia dg cara modern yaitu dg cara membuat organisasi perdagangan dunia (wto). Hanya megara yang punya pemimpin idealis, pemberani dan tdk korup yang mampu membendung penjajahan WTO. Kita sdh merasakan sendiri pada kasus tambang emas freeport, karena pemimpin kita yang korup sehingga freeport menguasai saham mayoritas berpuluh2 tahun. Freeport dilindungi undang2 (seperti diungkapkan menkopolhukam mahfud md) yang notabene undang2 tersebut dibuat pemerintah indonesia bersama DPR diera presiden soeharto. Tak ayal, pembuat undang2 saat itu kaya raya tapi negara menderita berpuluh tahun. Telah begitu masif pembangunan infrastruktur yang dilakukan presiden jokowi. Beliau telah membuat karya besar dg visi2nya. Semoga kelak penerus pak jokowi juga memiliki kemampuan dan integritas yang sama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait