Coba! Latihan Soal CPNS 2023 Tes Wawasan Kebangsaan

Coba! Latihan Soal CPNS 2023 Tes Wawasan Kebangsaan

Seleksi CPNS 2023 sudah resmi dibuka bagi lulusan SLTA lewat jalur sekolah kedinasan.--Ist/Palpres--

BACA JUGA: Mixue Indihiang Buka Lowongan Kerja Terbaru untuk Pendidikan Minimal SMA, Posisi sebagai Barista dan Kasir

Pancasila juga bersifat subjektif, artinya bahwa nilai-nilai Pancasila itu terlekat pada pembawa dan pendukung nilai Pancasila itu sendiri, yaitu Masyarakat, bangsa, dan negara. Penjelasan Pancasila bersifat subjektif:

1. Bangsa Indonesia sebagai kausa materialis karena nilai-nilai yang ada dalam Pancasila tersebut timbul dari bangsa Indonesia sendiri. Jika dikaji lebih dalam, nilai-nilai yang ada dalam Pancasila tersebut merupakan hasil pemikiran, penilaian, dan refleksi filosofis bangsa Indonesia. Pancasila memiliki perbedaan dengan ideologi-ideologi yang lain.

Perbedaan yang paling mendasar dengan ideologi yang lain adalah ideologi lain tersebut lahir dari hasil pemikiran orang per orang atau hasil filsafat seseorang, sedangkan Pancasila lahir dari refleksi filosofis bangsa Indonesia terhadap kehidupan sosio-kultural dan religius masyarakat Indonesia.

2. Nilai-nilai Pancasila merupakan pandangan hidup bagi bangsa Indonesia sehingga menjadi jati diri atau identitas bangsa yang diyakini sebagai sumber nilai atas kebenaran, kebaikan, keadilan, dan kebijaksanaan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

BACA JUGA: Hasil Seleksi Administrasi Calon Pendamping Kelurahan di Pemkot Tasik, Akan Dibuka 5 Desember 2022

3. Nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila sesungguhnya merupakan nilai yang sesuai dengan hati nurani bangsa Indonesia, karena bersumber pada kepribadian bangsa.

Nilai-nilai dalam Pancasila merupakan das sollen atau merupakan cita-cita tentang kebaikan yang harus diwujudkan menjadi suatu kenyataan atau dassein. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara nilai-nilai Pancasila harus diwujudkan dalam produk tata peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia.

Ciri hukum bangsa Indonesia yang dijiwai oleh Pancasila inilah yang membedakan dengan hukum di negara lain. Walaupun Pancasila merupakan falsafah hidup, negara sebagai institusi mempunyai dua tugas utama, yaitu: 1. Melindungi segenap dan seluruh warga negara, salah satunya adalah membuat aturan hukum.

D. BENTUK DAN SUSUNAN PANCASILA

BACA JUGA: 104 Kali Gempa Susulan Guncang Cianjur Pada 21 November 2022, Berikut Rinciannya

Penjelasan mengenai Pancasila sebagai sistem nilai yang mempunyai bentuk:

1. Merupakan suatu kesatuan yang utuh, jadi unsur-unsur yang ada dalam Pancasila menyusun suatu keberadaan yang utuh.

Dalam masing-masing sila membentuk pengertian yang baru namun kelima sila yang ada di dalam Pancasila tidak dapat dilepas antara satu dengan yang lainnya. Ini menunjukkan hubungan antara sila-sila dalam Pancasila merupakan hubungan yang organis.

2. Unsur-unsur yang membentuk Pancasila sifatnya mutlak, dan membentuk kesatuan bukan unsur yang komplementer. Penjelasannya adalah salah satu sila kedudukannya tidak akan lebih rendah dari sila yang lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: