Urus Adminduk di Kota Banjar Bisa di Rumah Aja, PAK ONOM Disdukcapil Hadir Berikan Solusi

Urus Adminduk di Kota Banjar Bisa di Rumah Aja, PAK ONOM Disdukcapil Hadir Berikan Solusi

Kepala Disdukcapil Kota Banjar H Heri Sapari ST MSi-Anto Sugiarto-radartasik.disway.id

BANJAR, RADARTASIK.COM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjar membuat inovasi administrasi kependudukan (adminduk). Dengan nama Pelayanan Administrasi Kependudukan Online One Time atau dengan kata lain program PAK ONOM.

Sesuai dengan namanya Pelayanan Administrasi Kependudukan Online One Time, layanan ini dapat diakses oleh semua kalangan masyarakat.

Sehingga untuk mengurus adminduk di Kota Banjar bisa di rumah, atau bisa di mana saja dan kapan saja. 

Sistem layanan secara online ini lahir setelah Covid-19 yang melanda Indonesia sejak 2020 lalu, sehingga memberikan dampak yang begitu besar.

BACA JUGA:Seger-Seger Kuliner Maknyus di Tasikmalaya, Asinan Sayuran Pasar Karlis Mantap Nih 

Tidak terkecuali terhadap pelayanan adminduk di Kota Bajar. 

Kala itu Pemerintah mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sehingga membatasi aktivitas masyarakat.

Imbasnya, masyarakat sulit mendapat hak pelayanan adminduk di Kota Banjar. 

Terlebih masih menggunakan pelayanan offline atau tatap muka dimana masyarakat harus datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). 

BACA JUGA:Hebat Kan! UMK di Jabar Naik 2023, Berapa UMK di Bandung Raya?

Sebelum pandemi, Disdukcapil telah mempunyai program unggulan yang sudah berjalan. Yakni Pelayanan Administrasi Kependudukan Satu Hari (Pandusari).

Lewat pelayanan Pandusari, mengurus adminduk di Kota Banjar bisa diselesaikan dalam 1 hari. 

Kini program unggulan tersebut telah bermetamorfosis seiring perkembangan era digital. Program PAK ONOM Disdukcapil, kini hadir berikan solusi yang cepat untuk masyarakat Kota Banjar. 

Kepala Disdukcapil Kota Banjar H Heri Sapari ST MSi mengatakan, program yang dilahirkan kali ini mengimbangi kemajuan teknologi informasi dan era digitalisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: