Pemkot Tasikmalaya Jadi 15 Kota Inovasi Terbaik se-Indonesia Lewat Layar Kusumah, Ini Pujian Pj Wali Kota

Pemkot Tasikmalaya Jadi 15 Kota Inovasi Terbaik se-Indonesia Lewat Layar Kusumah, Ini Pujian Pj Wali Kota

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah bersama Kadinsos, Hendra Budiman usai persentasi Layar Kusumah di Jakarta, Selasa 22 November 2022. Foto: istimewa--

Khusus saat mengantar pasien ke RS di Bandung, Dinsos Kota Tasikmalaya menyiapkan beberapa rumah singgah untuk keluarga pasien di beberapa wilayah Bandung. 

"Ini bukan rencana program yah, Layar Kusumah ini sudah berjalan. Masyarakat tak mampu sangat merasakan manfaatnya saat dapat musibah harus ke RS. Selama dilayani program ini, pasien dapat operasional dari Baznas atas kerjasama dengan kita, istirahat di rumah singgah gratis, makan gratis dan ambulance gratis," beber Cheka Virgowansyah. 

BACA JUGA: Bahagianya! Sudah Resmi Harga BBM Turun, Ini 6 Keunggulan Pertamax Dibandingkan Pertalite, Cek di Sini

BACA JUGA: Sah! Sudah Resmi Harga BBM Turun, Begini Tips Irit BBM, Ini Daftar Harga BBM Hari Ini 22 November 2022

Cheka Virgowansyah menambahkan, Dinsos Kota Tasikmalaya mulanya terinisiasi menjalankan program inovasi unggulan ini usai melihat kondisi masyarakat tak mampu kesulitan saat hendak berangkat ke RS. 

Sehingga dengan Layar Kusumah akan meringankan biaya yang semula akan dikeluarkan masyarakat saat hendak berobat dan uangnya bisa dialihkan untuk memenuhi kebutuhan dasar lainnya. 

"Ini juga sebagai tugas kami pemerintah dalam rangka mengangkat derajat serta pemenuhan hak-hak penyandang masalah kesejahteraan sosial sesuai dengan Undang-undang Dasar 1945. Inovasinya hasil kerjasama dengan Baznas Indonesia untuk pembiayaannya," tambah Cheka Virgowansyah. 

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kota Tasikmalaya, Hendra Budiman Raksanagara menuturkan, program inovasi Layar Kusumah bermula saat ada anggapan dari masyarakat tak mampu menilai mereka tak boleh sakit karena harganya mahal. 

BACA JUGA: Asyiknya! Sudah Resmi Harga BBM Turun, Harga Minyak Dunia juga Turun, Ini Daftar Harga BBM Hari Ini

BACA JUGA: Terbaru, Sudah Resmi Harga BBM Turun, Ini Daftar Harga BBM Hari Ini 21 November 2022, Cek Pertalite di Sini

Hal ini, membuat pihaknya berupaya berinovasi mencari jalan keluar membantu maayarakat sampai akhrinya bisa menjalin kerjasama yang baik dengan Baznas Tasikmalaya. 

Pihaknya pun mulanya berupaya dengan perangkat kendaraan dinas seadanya yang terpakai untuk dibuat mobil operasional Layar Kusumah antar-jemput pasien. 

Sampai akhirnya kendaraan operasional mendapatkan tambahan berupa mobil ambulans untuk pelayanan masyarakat tersebut. 

"Jadi setelah kita progres akhirnya berjalan dengan baik dan terus mendapatkan perhatian positif masyarakat karena sangat membantu. Kita jalankan terus dan perluas jejaring kerjasama dengan lembaga lainnya seperti Karang Taruna untuk petugasnya. Kita juga tak menyangka ini masuk 15 terbaik di Indonesia, kita hanya melayani sosial masyarakat saja selama ini," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: