Waduh, Rusa Pangandaran Makan Plastik dan Sampah, Efek Sering Diberi Makanan oleh Wisatawan

Waduh, Rusa Pangandaran Makan Plastik dan Sampah, Efek Sering Diberi Makanan oleh Wisatawan

Rusa di Pangandaran makan plastik dan sampah, Senin, 21 November 2022 karena mengalami perubahan perilaku. Foto: deni nurdiansah \ radartasikmalaya--

PANGANDARAN, RADARTASIK.COM— Rusa PANGANDARAN makan plastik dan sampah. Itu karena mereka yang biasa berada di Cagar Alam PANGANDARAN mengalami perubahan perilaku.

Tak hanya rusa yang mengalami perubahan perilaku, monyet dari Cagar Alam Pangandaran juga sama. Perilaku mereka berubah. 

Rusa dan monyet di Cagar Alam Pangandaran disebut sudah mengalami perubahan perilaku, sehingga memakan sampah yang dibuang oleh wisatawan.

Petugas Resort Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Kabupaten Pangandaran Ahyadi mengatakan, baik hewan rusa maupun monyet tersebut, kerap menerima makanan dari wisatawan. 

BACA JUGA: Pangandaran Disarankan Belajar ke Bali, Andi F Noya dan Susi Pudjiastuti Bahas Pengembangan Wisata Pangandaran

BACA JUGA: Sah! Sudah Resmi Harga BBM Turun, Begini Tips Irit BBM, Ini Daftar Harga BBM Hari Ini 22 November 2022

”Saat mereka keluar Cagar Alam, banyak yang suka dikasih makan, itu dianggap sebuah atraksi yang menarik oleh mereka,” jelasnya kepada Radar Tasikmalaya, Senin 21 November 2022.

Padahal, itu berakibat kepada kebiasaan mereka (rusa dan monyet) yang tadinya memakan makanan di hutan, Jadi mencarinya ke bak sampah. 

“Biasanya dalam bungkusan plastik atau kertas yang dibuang, ada sisa-sisa makanan dan rusa sangat menyukainya,” terangnya.

Kadang kala kertas dan plastik tersebut ikut dimakan, hingga memenuhi perut rusa. 

BACA JUGA: Argentina vs Arab Saudi: Lionel Messi Merasa Istimewa dan Mengharapkan Pertandingan yang Sulit

BACA JUGA: Kompak! UMK di Jabar Naik 2023, Ini Daftar UMK Banten, Jateng, DIY dan Jatim Saat Ini

“Kebiasaan itu akan terus terjadi, jika tidak diantisasipasi,” ucapnya.

Padahal pihaknya sudah memasang papan peringatan untuk tidak memberi makan hewan-hewan tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: