Penyandang Tuna Netra Belajar Mengaji Al Quran Braille di Ciamis

 Penyandang Tuna Netra Belajar Mengaji Al Quran Braille di Ciamis

Para peserta Pesantren Keemasan Tunanetra melaksanakan salat asar berjamaah di Pondok Pesantren Inklusi Saman Kasyfial Ulum, Sindangkasih, Ciamis, Kamis 10 November 2022. Foto: Fatkhur Rizqi/Radar Tasikmalaya--

CIAMIS, RADARTASIK.COMPenyandang tuna netra belajar mengaji Al Quran braille di CIAMIS, tepatnya di Pondok Pesantren Inklusi Saman Kasyfial Ulum di Dusun Subang RT 45/RW 21, Desa Gunung Cupu Kecamatan Sindangkasih Kabupaten CIAMIS.

Saat ini, pesantren sedang mengadakan Program Pelatihan Al Quran Braille Pesantren Masa Keemasan dari November 2022 hingga Januari 2023. 

“Tujuan kegiatan pesantren tersebut untuk mengantarkan masa keemasan para tunanetra lanjut usia se-Priangan Timur. Dengan pelatihan dilakukan setiap Jumat, selama tiga bulan,” kata Ketua Pembina Yayasan Nur Kasyfial Ulum Saman Dr Ridwan Effendi kepada Radar Tasikmalaya, Kamis, 10 November 2022.

Dalam hal ini, tentunya para santri tunanetra mampu baik dan benar dalam membaca Al Qur’an, pembiasan zikir, salat jamaah. Tentunya mampu memperkuat spiritualitasnya. 

“Usaha ini untuk menambah ilmu keagamaan. Mudah-mudahan kenangan kebaikan dan terbuka hatinya untuk mempersiapkan bekal meninggal,” ujarnya.

Kepala Dusun Subang Risman Maulana mengapresiasi adanya kegiatan para tunanetra ada kegiatan ilmu keagamaan di sini. Dengan harapan, bisa menjadi keberkahan di Dusun Subang. 

“Bangga sekali ada program ini, sehingga para tunanetra bisa menimba ilmu. Nantinya bisa membawa keberkahan di lingkungan di sini,” katanya.

Kepala Desa Gunung Cupu Saeful Hidayat mendukung adanya tempat ini, mengingat tujuan mulia. Yakni mengajarkan syiar ilmu agama, seperti; Al Qur’an dan lainnya. 

“Perjuangan yang positif dapat mengedukasi syiar agama,” ujarnya. (riz)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: