Di Tasikmalaya, 5.223 Lansia Tunggal Berusia 80 Tahun Menerima Makanan Gratis Setiap Hari

Di Tasikmalaya, 5.223 Lansia Tunggal Berusia 80 Tahun Menerima Makanan Gratis Setiap Hari

Kepala Desa Padawaras Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya Yayan Siswandi saat menyerahkan makanan gartis kepada lansia tunggal berusia 80 tahun. Foto: istimewa--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Di Tasikmalaya, 5.223 lansia tunggal berusia 80 tahun menerima makanan gratis setiap hari.  

Menu makanan bagi 5.223 lansia tunggal berusia 80 tahun itu beragam setiap harinya.  

"Mereka mendapat bantuan dari Kementerian Sosial berupa permakanan sebanyak 2 kali dalam sehari. Rencananya akan berlangsung hingga bulan Desember,” ujar dr Hj Eli Hendalia M.H.Kes, Sekretaris Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P2KBP3A) Kabupaten Tasikmalaya, Senin 31 Oktober 2022.

“Kasihan, karena mereka para lansia pada hidup sendiri gizinya tidak terperhatikan," kata Hj Eli Hendalia. 

Di Desa Padawaras Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya, penyerahan bantuan makanan gratis setiap hari kepada lansia tunggal berusia 80 tahun itu dilaksanakan oleh Kelompok Masyarakat Bahari (Pokmas).

Penyaluran makanan gratis untuk lansia tunggal berusia 80 tahun itu secara langsung oleh Kepala Desa Padawaras Yayan Siswandi.

Makanan gratis tersebut diantarkan langsung ke rumah para lansia tunggal berusia 80 tahun itu.

Kepala Desa Padawaras, Yayan Siswandi mengatakan, program pemberian makanan gratis untuk lansia tunggal berusia 80 tahun itu merupakan program dari Kemensos RI. 

"Program ini guna membantu lansia tunggal khususnya agar dapat meringankan beban bagi mereka agar dapat makan-makanan sehari-hari dengan unsur gizi terpenuhi," kata Yayan Siswandi kepada radartasik.com, Selasa 1 November 2022.

Bantuan makanan gratis untuk lansia tunggal berusia 80 tahun itu  diberikan sebagai upaya perlindungan dan jaminan sosial dalam bentuk makanan, pemenuhan kebutuhan dasar pangan dan nutrisi yang layak.  

"Di Desa Padawaras sendiri, yang terdata jumlahnya sebanyak 20 orang lansia tunggal yang menerima bantuan ini," kata Yayan Siswandi.

Adapun syarat penyaluran makanan gratis untuk lansia tunggal berusia 80 tahun itu, kata Yayan Siswandi, yaitu lansia berusia 80 tahun ke atas dan bukan pensiunan PNS, TNI maupun Polri. 

"Penerima bantuan permakanan ini masing-masing diberikan makanan siap konsumsi. Terdiri dari nasi, lauk pauk, sayur mayur dan juga air mineral," jelas Yayan Siswandi.

Masing-masing penerima bantuan makanan gratis itu dijatah makanan sebesar Rp 20.370 per hari untuk dua kali makan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: