Wamendag Jerry Sambuaga Optimistis Indonesia Bertahan dari Resesi, Ini Langkah yang Dilakukan Kemendag

Wamendag Jerry Sambuaga Optimistis Indonesia Bertahan dari Resesi, Ini Langkah yang Dilakukan Kemendag

Wamendag Jerry Sambuaga optimistis ekonomi Indonesia tumbuh dan bisa bertahan dari resesi. Foto Huma--

JAKARTA,RADARTASIK.COM – Wakil Menteri Perdagangan  (Wamendag) Jerry Sambuaga optimis ekonomi Indonesia terus tumbuh dan bisa bertahan dari resesi seperti yang diharapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Seperti diketahui, dalam pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) 2022, Presiden Jokowi menekankan perlunya optimisme sekaligus kewaspadaan dalam menghadapi perkembangan ekonomi dunia terbaru. 

Mengingat berdasarkan indikator-indikator ekonomi Indonesia saat ini, seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, neraca perdagangan dan lain-lain, menunjukkan masih kuatnya struktur ekonomi Indonesia. Meskipun demikian, presiden mengajak semua pihak untuk waspada dan terus bekerja mengamankan sektor ekonomi.  

Saat itu Presiden secara khusus menyebutkan prestasi perdagangan luar negeri Indonesia yang mencapai surplus berturut-turut selama 29 bulan. Bahkan dalam beberapa periode surplus tersebut, bahkan mencapai rekor tertinggi. 

BACA JUGA: Ngeri! Gagal Ginjal Akut Renggut 133 Jiwa, 5 Obat Sirup Dimusnahkan

BACA JUGA: Daftar Obat Sirup Mengandung Etilen Glikol Beredar di Indonesia, Waspadalah!

BACA JUGA: Besok Jalan Dokar Sampai Jalan HZ Mustofa Ditutup! Kirab Hari Santri Nasional

Demikian pula dalam sektor perdagangan dalam negeri, Kementerian Perdagangan juga relatif berhasil dalam menjaga ketersediaan barang dan daya beli masyarakat. 

Wamendag Jerry mengatakan ada sejumlah langkah yang sudah dan akan terus dilakukan Kemendag untuk mempertahankan “prestasi” tersebut. Misalnya, untuk perdagangan dalam negeri Kemendag melakukan beberapa langkah, di antarnya mengamankan ketersediaan dan keterjangkauan barang kebutuhan pokok bagi masyarakat.

Lalu, meningkatkan dukungan infrastruktur dan sarana perdagangan, memperlancar perdagangan bahan baku dan bahan pendukung industri. Kemudian, melakukan trasnformasi sistem perdagangan menuju digitalisasi, membina dan meningkatkan kapabilitas pelaku perdagangan dan lain-lain.  

BACA JUGA: Pedagang Pasar Pramuka Bisa Rugi Ratusan Juta Terkait Larangan Penjualan Obat Sirup

BACA JUGA: Daftar Obat Sirup Tanpa Etilen Glikol, Ini Klaim Kalbe Farma

BACA JUGA:Menkes Ingatkan Mayarakat untuk Tidak Berlebih Konsumsi Garam dan Gula

Sedangkan dalam perdagangan luar negeri, lanjut Jerry, Kemendag melakukan sejumlah langkah antara lain, terus membuka akses dan jaringan pasar bagi produk-produk Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com