Percepat Transisi Energi, PLN dan 6 BUMN Teken Kerja Sama Perdagangan Karbon

Percepat Transisi Energi, PLN dan 6 BUMN Teken Kerja Sama Perdagangan Karbon

PLN bersama 6 BUMN teken MoU soal transisi energi. Foto : ist--

BALI, RADARTASIK.COM -  Demi mendorong pencapaian target Nationally Determined Contribution (NDC) pada 2030 dan Net Zero Emission pada 2060, PT PLN (Persero) melakukan langkah kolaborasi dengan sejumlah BUMN lain. 

Salah satu langkah untuk mencapai target tersebut adalah dengan melakukan proyek pilot perdagangan karbon Kementerian BUMN Voluntary Carbon Market (KBUMN VCM). 

Bertepatan dengan agenda State-Owned Enterprise (SOE) International Conference di Bali, Rabu 19 Oktober 2022, PLN dan enam BUMN lainnya menandatangani Letter of Intent (LoI) dengan PT Biro Klasifikasi Indonesia selaku fasilitator pada proyek pilot perdagangan karbon. 

Keenam BUMN tersebut adalah Perum Perhutani, PT Indonesia Asahan Inalum, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), PT Pertamina (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. 

BACA JUGA: Daftar Obat Sirup Harus Ditarik dari Peredaran dan Dimusnahkan, Cek di Sini

BACA JUGA: Daftar Sirup Obat dengan Cemaran EG Melebihi Ambang Batas Aman

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan PLN berkomitmen untuk mendukung target pemerintah dalam upaya percepatan transisi energi

Adapun untuk menekan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sesuai dengan NDC pada 2030 sebesar 31,89 persen, PLN telah enyiapkan pengembangan 16 gigawatt (GW) pembangkit berbasis energi baru terbarukan (EBT) hingga tahun 2030. 

“Tanpa adanya upaya signifikan, sektor ketenagalistrikan akan menghasilkan emisi CO2e sebesar 920 juta ton per tahun hingga 2060. Namun intervensi yang dilakukan PLN akan mempersiapkan Indonesia menjadi lebih bersih untuk generasi masa depan,” katanya. 

Nantinya, BUMN yang mengikuti kerja sama ini akan mendukung pembentukan kapabilitas dan pilot project perdagangan karbon di lingkungan BUMN dan dengan mempertimbangkan aspek-aspek teknis, keekonomian, regulasi, dan ketentuan lainnya. 

BACA JUGA: Kena Tipes, Ayu Ting Ting Mendadak Dilarikan ke Rumah Sakit, Fans Doakan Cepat Sembuh

BACA JUGA: Menkes Sebut Produksi Obat Sirup Untuk Anak Mengandung Etilen Glikol Diproduksi di Indonesia

Guna mewujudkan hal tersebut, BKI akan memfasilitasi diskusi antara pihak pembeli dan penjual melalui penandatanganan MoU dan/atau Emission Reductions Payment (ERPA). 

Selain penandatanganan perjanjian kerja sama, pada agenda itu juga PLN menggagas peluncuran 3 program Business Matching guna mengimplementasikan Green Energy .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarlampung.co.id