Tips Merawat Kelinci Agar Panjang Umur, Usia Kelinci Bisa Mencapai 5-10 Tahun

Tips Merawat Kelinci Agar Panjang Umur, Usia Kelinci Bisa Mencapai 5-10 Tahun

Hewan peliharaan kelinci-Foto:tangkapanlayar/GenPi.Co-

RADARTASIK.COM - Panjang atau pendek umur kelinci berkaitan erat dengan cara perawatannya. Pencinta kelinci Maggie Chairanina (30) mengatakan cara merawat yang salah bisa mengurangi usia hewan peliharaan itu.

"Cepat mati atau tidak tergantung cara merawat kelinci, padahal usia kelinci bisa 5-10 tahun," jelas Maggie dilansir dari GenPI.co.

Dia tidak menganjurkan membeli kelinci ketika hewan tersebut masih berusia 1-2 bulan. Menurut Maggie, pada usia seperti itu, kelinci masih membutuhkan susu dari induknya. 

"Beli kelinci yang usianya sudah memasuki 3-4 tahun setidaknya dia sudah bisa makan pelet atau pur khusus," tutur Maggie.

BACA JUGA:2 Cincin yang Dikenakan Korban, Kunci Bagi Keluarga Kenali Jasad Pria yang Ditemukan di Tepi Sungai Citanduy 

Dia menyebut para pemilik hewan juga sering tidak menyadari kelinci mengalami kembung

"Penyebab kembung pada kelinci juga cukup beragam, mulai perubahan suhu atau asupan makanan yang kurang tepat," lanjut Maggie.

Menurut Maggie, pemilik hewan harus bersikap cepat ketika kelinci kembung. Jika kembung dibiarkan, kelinci bisa mencret. Efek paling fatal ialah kelinci bisa mati.

"Terdapat beberapa cara untuk mengobati kelinci kembung, mulai mengubah pola makan, pijat kelinci, hingga membawa ke dokter untuk mendapat penanganan tepat," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: