Sidang Kasus Meme Stupa Candi Borobudur Mulai Digelar, Mantan Menpora Roy Suryo Terancam 6 Tahun Penjara

Sidang Kasus Meme Stupa Candi Borobudur Mulai Digelar, Mantan Menpora Roy Suryo Terancam 6 Tahun Penjara

Mantan Menpora Roy Suryo terancam 6 tahun penjara berdasarkan dakwaan JPU pada sidang kasus meme stupa Candi Borobudur yang digelar di PN Jakarta Barat, Rabu, 12 Oktober 2022. Foto: ist--

JAKARTA, RADARTASIK.COMSidang kasus meme stupa Candi Borobudur dengan terdakwa mantan Menpora Roy Suryo akhirnya digelar di PN Jakarta BaratRabu, 12 Oktober 2022. .

Sesuai dakwaan tim jaksa penuntut umum (JPU), Tri Anggoro Mukti dkk, Roy Suryo terancam hukuman maksimal 6 tahun penjara.

Roy Suryo didakwa telah melakukan ujaran kebencian terhadap SARA, ujaran permusuhan atau penodaan agama hingga kasus penyebaran kabar tidak pasti atau berlebihan, yang menyebabkan keonaran di kasus meme stupa Candi Borobudur.

“Ancamannya enam tahun, maksimal,” kata Tri Anggoro Mukti di PN Jakarta Barat, Rabu, 12 Oktober 2022.

BACA JUGA: Terbongkar, Perilaku Negatif Rizky Billar ke Lesti Sudah Lama Jadi Gosip Kalangan Artis, Icha: Kita Kasihan

BACA JUGA: Dianggap Ikut Campur dan Bela Lesti, Marissya Icha Bilang Siap Dilaporkan ke Polisi oleh Pembela Rizky Billar

Seperti diketahui kasus meme stupa Candi Borobudur itu menjadi viral usai di retweet atau dicuitkan ulang di Twitter oleh mantan Menpora Roy Suryo. 

Tri Anggoro Mukti menyebutkan bahwa terdakwa Roy Suryo pada tanggal 10 Juni 2022, atau pada tanggal 11 juni 2022, dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Kronologi Meme Stupa Borobudur

Awalnya Roy Suryo melihat adanya unggahan di media sosial Twitter terkait foto meme stupa Candi Borobudur yang sudah direkayasa dan diubah menjadi foto lain (mirip Presiden Jokowi,red) di akun bernama @IrutPagut.

BACA JUGA: Identitas Jasad Pria Membusuk di Tepi Sungai Citanduy Diketahui, Ternyata Korban Banjir Bandang Cihaurbeuti

BACA JUGA: Tragis! Pria Muda di Ciamis Tewas Tersungkur dan Jadi Korban Jalan Berlubang di Jalan Raya Sindangkasih

Kemudian keesokan harinya postingan tersebut viral setelah banyak yang berkomentar pengguna Twitter di postingan itu. 

Selain juga postingan itu telah dimuat di sebuah media online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pojoksatu /jpnn