DPMD Jabar Perkuat Strategi Pengembangan Potensi dan PADes melalui Aksara

DPMD Jabar Perkuat Strategi Pengembangan Potensi dan PADes melalui Aksara

DPMD Jabar perkuat strategi pengembangan potensi dan PADes melalui Aksara.-Dok. Radartasik.com-

BANDUNG, RADARTASIK.COM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat kembali menggelar program Akademi Desa Juara (Aksara).

Program Aksaea kali ini mengusung tema ”Inovasi dan Kolaborasi Desa Sebagai Strategi Pengembangan Potensi dan Pendapatan Asli Desa (PADes)”.

Acara yang mengambil tempat di Holiday Inn Hotel Kota Bandung ini dibuka Sekretaris DPMD Provinsi Jawa Barat Pupun Saefunudin.

Selain membuka acara, ia memberikan sambutan di hadapan peserta yang merupakan tamu undangan dari kalangan camat, kepala desa, sekretaris desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta DPMD kabupaten/kota di Jawa Barat.

BACA JUGA: Ngobrol Bareng Seputar KDRT Bareng GOW Kota Tasik, Hj Iyan : Kasus KDRT Seperti Gunung Es

Dalam kesempatan itu, Pupun menyampaikan permasalahan yang tengah dihadapi dalam pembangunan desa pada masa ini.

”Sekalipun sudah banyak desa yang mencapai strata mandiri, namun banyak di antara desa-desa berstrata mandiri tersebut yang belum memiliki PADes,” tutur Pupun.

Pada tahun 2022, rata-rata PADes di Jawa Barat berada pada rentang Rp 10 - 100 juta. Sebanyak 841 desa atau 15,83% tidak memiliki PADes. Sedangkan 151 desa berstrata mandiri belum memiliki PADes.

Permasalahan inilah yang menjadi dasar diselenggarakannya Aksara pada kesempatan kali ini.

BACA JUGA: Danwingdik 600/Kal Jadi Inspektur Upacara HUT ke-77 TNI di Makodim 0612

Pupun menegaskan DPMD Jabar akan memberi perhatian lebih terhadap permasalahan ini dan akan melakukan pendampingan terhadap desa-desa yang belum memiliki PADes.

Melalui program Aksara, peserta akan diberikan pengetahuan dalam menjalin kerja sama dengan pihak ketiga, pemetaan potensi desa serta pemanfaatan teknologi digital dalam menjalankan pemerintahan maupun pengelolaan keuangan desa.

Narasumber yang dihadirkan di antaranya Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Fernandes Simangunsong dan Direktur Advokasi dan Kerjasama Desa Dirjen PDP Kemeterian Desa PDTT Fachri.

Kepala Bidang Kerjasama Desa DPMD Provinsi Jawa Timur Nenny Herdianawati dan perwakilan Divisi Hubungan Kelembagaan Bank BJB Baron Adhitya juga menjadi narasumber kegiatan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: