5 Makanan untuk Mendapatkan Kulit Bercahaya dan Lembut Sepanjang Tahun

5 Makanan untuk Mendapatkan Kulit Bercahaya dan Lembut Sepanjang Tahun

Buah tomat ternyata kaya akan manfaat jika dikonsumsi setiap hari. Foto: pixabay--

RADARTASIK.COM - Menjaga kulit tetap sehat dan awet muda tidak selalu harus menguras kantong dengan membeli krim dan lotion yang mahal.

Banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan kulit, genetika, penuaan, hormon, dan kondisi seperti diabetes adalah faktor internal yang mempengaruhi kulit. 

Paparan sinar matahari yang tidak terlindungi dan mencuci terlalu sering atau dengan air yang terlalu panas dapat merusak kulit. 

Pola makan yang tidak sehat, stres , kurang tidur, kurang olahraga, dehidrasi , merokok, dan obat-obatan tertentu semuanya dapat memengaruhi kemampuan kulit untuk berfungsi sebagai penghalang pelindung yang efektif.

Apa yang dimakan penting untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam ke luar, jadi kulit yang cerah dimulai dengan makan makanan yang sehat.

BACA JUGA:Konsumsi Gula Berlebih Bisa Bikin Obesitas, Tapi Gula Juga Bermanfaat untuk Metabolisme

Berikut adalah makanan yang dapat menjaga kesehatan kulit dikutip dari Medical News Today untuk membantu menghilangkan kerutan, mendapatkan kulit bercahaya, dan menjaga kulit tetap kenyal dan lembut sepanjang tahun.

1. Mangga mengandung senyawa dengan sifat antioksidan . Senyawa ini membantu melindungi komponen kulit, seperti kolagen.

2. Tomat memiliki manfaat pencegahan kanker kulit. Mengonsumsi tomat setiap hari menurunkan perkembangan tumor kanker kulit hingga 50 persen setelah paparan sinar UV.

Penelitian menunjukkan bahwa memasukkan pasta tomat ke dalam makanan dapat membantu melindungi dari sengatan matahari. 

Orang yang mengonsumsi 40 gram pasta tomat per hari setelah 10 minggu memiliki 40 persen lebih sedikit sengatan matahari.

Lycopene, pigmen yang bertanggung jawab untuk memberi warna merah tua pada tomat, diduga berperan dalam efek perlindungan tomat terhadap kerusakan akibat sinar UV.

BACA JUGA:Cara Tradisional Merawat Kulit Agar Tetap Kencang, Salah Satunya Bisa Pakai Madu

3. kakao yang ditemukan dalam cokelat hitam dapat memperbaiki struktur dan fungsi kulit. Para ilmuwan menemukan bahwa flavanol kakao mengurangi kekasaran dan kerak pada kulit, meningkatkan hidrasi kulit, dan membantu mendukung pertahanan kulit terhadap kerusakan akibat sinar UV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: medical news today