32 SD di Kota Tasik Dapat Peralatan Komputer Lengkap, Cecep : Berharap Bisa Menunjang ANBK

32 SD di Kota Tasik Dapat Peralatan Komputer Lengkap, Cecep : Berharap Bisa Menunjang ANBK

32 perwakilan Sekolah Dasar (SD) di Kota Tasikmalaya mendapatkan pengarahan untuk mengikuti pelatihan dalam rangka penerimaan peralatan TIK.-Foto:dokradartasikmalaya-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tasikmalaya mengumpulkan 32 orang untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) di Aula Disdik Kota Tasikmalaya, Senin 26 September 2022. 

Tujuannya untuk koordinasi dan pemberitahuan kepada perwakilan SD dalam mengikuti kegiatan pelatihan pengelolaan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran di Hotel V and Residence Bandung, hari ini Selasa 27 September 2022.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Disdik Kota Tasikmalaya H Cecep Susilawan SPd MM mengatakan sebanyak 32 orang ini, merupakan peserta yang akan mengikuti pelatihan pengelolaan dan pemanfaatan pelatihan pengelolaan penerima Dana Alokasi Khusus (DAK) TIK. Dengan demikian, bantuan TIK bagi satuan pendidikan untuk pembelajaran literasi digital dapat termanfaatkan.  

”Arahnya agar mereka bisa mengelola dan memanfaatkan bantuan TIK tersebut. Sehingga dapat meningkatkan pembelajaran berbasis digital bagi satuan pendidikan yang menerima bantuan TIK,”  katanya.

BACA JUGA:Nekat Seberangi Jembatan Cimedang yang Tersapu Banjiir, Pemuda di Pancatengah Tasik Hilang Terbawa Arus

Sambungnya, kegiatan bimbingan teknis (bimtek) untuk pemanfaatan peralatan TIK tersebut, tentunya sejalan dengan upaya digitalisasi pembelajaran. Itu yang menjadi bagian dari kebijakan merdeka belajar dan implementasi kurikulum merdeka. 

”Karena dalam kebijakan merdeka belajar dan kurikulum merdeka berupaya agar di satuan pendidikan, khususnya SD dalam pembelajaran tatap muka dapat terfasilitasi oleh teknologi. Dengan demikian, mampu memberikan literasi digital kepada siswa SD,” ujarnya.

Lebih lanjut, bantuan TIK ini sebagai salah satunya untuk memberikan pemahaman satuan pendidikan dalam penggunaan peralatan TIK sangat menentukan suksesnya Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Mengingat pelaksanaan ANBK jenjang SD adalah sesi pertama pada 24–27 Oktober 2022 dan sesi kedua 29–30 Oktober 2022.

” Karena bantuan TIK ini, salah satunya untuk mendukung suksesnya ANBK,” katanya.

BACA JUGA:Mayat yang Ditemukan di Sungai Ternyata Korban Pembunuhan, Dibuang Setelah Ditembak Kepalanya saat Tidur

Kepala SDN Pasirjaya Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya Agus Wahyu mengaku beruntung setelah mendapatkan 14 unit chromebook. Sebab, adanya bantuan tersebut,  memperlancar kegiatan ANBK.

” Bantuan ini membantu sekolah kami, utamanya jadwal terdekat yakni ANBK.  Sehingga sekolah kami bisa menggunakan mandiri untuk digunakan 30 siswa kelas V, yang sebelumnya menumpang di SMKN 4 Tasikmalaya,” ujarnya.

Kemudian, setelah ia mendapat bantuan TIK tersebut, sebagai alat  pendukung pembelajaran siswa.

Untuk itu, agar lebih andal dan mahir dalam penggunaan chromebook tersebut, pihaknya akan mengikuti bimbingan teknis di Hotel V and Residence Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: