Ribuan Pencaker Serbu Job Fair 2022, Waktu Kunjungan Diatur Agar Tertib

Ribuan Pencaker Serbu Job Fair 2022, Waktu Kunjungan Diatur Agar Tertib

Asda I Kota Tasikmalaya Drs H Rachmat Riza Setiawan bersama Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tasikmalaya Rachmat Mahmuda SE MM dan Kabid Pelatihan Produktivitas Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Disnaker Kota Tasikmalaya Dra Hj Nining Herlina MSi ber-Foto:Reza Rizal di/radartasik.disway.id-

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Job Fair 2022 yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Tasikmalaya diserbu para pencari kerja (Pencaker), dari data pendaftaran yang masuk melalui aplikasi Tasik Manpower System (TAMAS), sudah lebih dari 1.200 Pencaker yang mendaftar.

Ketua Pelaksana Job Fair 2022, Dra Hj Nining Herlina MSi yang juga Kabid Pelatihan Produktivitas Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja Kota Tasikmalaya, menjelaskan bahwa tujuan Job Fair salah satunya adalah untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Tasikmalaya.

Selain itu juga untuk memfasilitasi pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya serta membantu pengguna tenaga kerja dalam hal ini perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

BACA JUGA:Kenaikan Ongkos Angkutan Umum di Kabupaten Tasikmalaya Belum Ditetapkan, Masih Mengunggu Bupati…

“Ada lima bidang yang dibuka di Job Fair tahun ini diantaranya bidang retail, bidang kesehatan, bidang perbankan, bidang otomotif, dan bidang jasa perhotelan. Para pencari kerja yang hadir pada hari ini sudah mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi TAMAS milik Dinas tenaga Kerja Kota Tasikmalaya. Hingga tadi malam sekitar pukul 23.00 yang mendaftar sudah sekitar 1.200 orang, belum lagi yang hadir secara langsung tanpa mendaftar dulu,” jelas Nining.

Untuk antisipasi membludaknya pengunjung, kata Nining, para pencari kerja dibagi sesi kunjungan setiap harinya. Dalam sehari ada dua sesi yang disiapkan yaitu pagi dan siang.

Nining juga menjelaskan bahwa, selama dua tahun, pada saat Covid-19, Dinas Tenaga Kerja Kota Tasikmalaya tidak dapat melaksanakan Job Fair secara langsung. Sehingga baru tahun ini kembali dilaksanakan, dan antusias para pencari kerja cukup tinggi.

BACA JUGA:Seluruh Sopir di Kabupaten Tasikmalaya Diusulkan Dapat BLT BBM oleh Organda, Sekarang Sedang Pendataan...

“Harapannya kami bisa memfasilitasi mempertemukan para pencari kerja denga perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di Kota Tasikmalaya,” tegasnya.

Job Fair 2022 Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Tasikmalaya dilaksanakan di GOR Sukapura Dadaha selama dua hari yakni tanggal 7-8 September 2022. Para pencari kerja tidak hanya bebas memilih perusahaan yang ingin dilamarnya, namun juga diberi dulu pembekalan tentang ketenagakerjaan dari berbagai narasumber yang kompeten di bidangnya.

Hal ini terlihat usai acara pembukaan, Pencaker terlihat antusias mengikuti pembekalan terlebih dahulu.

BACA JUGA:Tunggakan 750 Siswa Capai Rp1 Miliar, SMKN 2 Garut Gratiskan Ijazah, Ini Tanggapan Politisi PKS…

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tasikmalaya, Rachmat Mahmuda SE MM, menjelaskan bahwa tujuan diselenggarakannya Job Fair 2022 salah satunya untuk mendukung pembangunan Bidang Ketenagakerjaan.

Sasarannya adalah meningkatnya jumlah tenaga kerja yang produktif dan berkualitas. Juga terciptanya hubungan kerja yang harmonis dan saling menguntungkan dalam peningkatan IPM Kota Tasikmalaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: