Mangkubumi dan Tawang Sumbang Kasus Tertinggi DBD Kota Tasikmalaya

Mangkubumi dan Tawang Sumbang Kasus Tertinggi DBD Kota Tasikmalaya

MENGECEK. Warga saat mengecek perkembangan kasus DBD melalui website Mikotas Kota Tasikmalaya dengan smartphone, Jumat (2/9/2022).-Firgiawan/Radar Tasikmalaya-

 TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Warga Kota Tasikmalaya yang terjangkit demam berdarah dengue (DBD) belum berhenti. 

Sampai 1 September 2022, tercatat 1.530 kasus dengan korban meninggal dunia 23 pasien. 

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dr Asep Hendra menuturkan, tren kenaikan kasus itu terjadi tidak hanya di daerah Jawa Barat secara nasional, menjadi provinsi paling tinggi kasus yang disebabkan nyamuk tersebut di sampai pertengahan tahun ini. 

BACA JUGA:Waduh, Presiden Jokowi Akan Segera Memutuskan Harga BBM Subsidi, Naik atau Tidak?

“Memang tren se-Indonesia meningkat. Jabar sendiri tertinggi dengan total kasus sampai 22 ribuan, dibanding provinsi lain yang hanya 7 ribu, 5 ribuan kasus saja,” ujarnya kepada Radar, Jumat (2/9/2022).

Padahal, lanjut Asep, tahun lalu total kasus sampai pertengahan tahun hanya di angka 12 ribu sampai dengan 14 ribuan kasus saja. 

Tahun ini, diperburuk lantaran tingginya kasus di beberapa kota-kabupaten, yang salah satunya Kota Resik menyumbang angka kasus lima besar se-provinsi. 

BACA JUGA:Dianggap Pakai Baju dan Tangan Mahal Bernilai Ratusan Juta, Brigjen Andi Rian Dilaporkan Netizen ke Kapolri

“Per kecamatan kasus tertinggi Mangkubumi 207 kasus, melampaui periode sebelumnya dimana kasus tertinggi terjadi di Tawang yang sekarang di angka 199 kasus,” rincinya. 

Asep menyebut berdasarkan hasil inventarisasi kasus di lapangan dengan menerjunkan tim penyelidikan epidemiologi. 

Mayoritas penyebab jentik tidak hanya di halaman atau lingkungan warga, melainkan di dalam rumah. 

BACA JUGA:Mengejutkan! Pengakuan Istri Polisi yang Digerebek Bareng Anak Kades, 2 Kali Alami KDRT dan Dihina Suaminya

“Sampai saat ini kami catat sering itu di dalam rumah, talang air pada dispenser, bak mandi, kulkas dan perabot lainnya, bahkan toilet yang tidak intens digunakan jadi sarang jentik nyamuk,” ungkap Asep.

Anggota Dewan Pengawas RSUD dr Soekardjo ini menyebut, sudah berulangkali melakukan rapat koordinasi dengan stakeholder kewilayahan. Menggalakan operasi pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan jumsih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: