Pabrik Pakan Mini Solusi Tekan Harga Telur Ayam di Ciamis

Pabrik Pakan Mini Solusi Tekan Harga Telur Ayam di Ciamis

KOLABORASI. Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Tasikmalaya, Pemerintah Kabupaten Ciamis, dan Koperasi P2APC bersama-sama meresmikan gudang dan pabrik pakan mini feedmill di Dusun Cigebot, Desa Muktisari, Kecamatan Cipaku, Rabu (24/8/2022).-Fatkhur Rizqi/Radar Tasikmalaya -

CIAMIS, RADARTASIK.COM - Kebutuhan pakan ayam ras petelur saat ini dipenuhi dari pakan pabrikan sehingga saat harga pakan ayam tinggi, produk telur yang dijual pun ikut naik. 

Karena pakan ternak merupakan kebutuhan sangat penting yang mengakibat kestabilan harga. 

Untuk mengatasi hal itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Tasikmalaya dan  Pemerintah Kabupaten Ciamis serta Koperasi Produsen Peternak Ayam Petelur Ciamis (P2APC) melakukan kolaborasi dengan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

BACA JUGA:Dua Program Inovasi Banznas Kota Tasikmalaya Dipuji Wali Kota: Sangat Menbantu Pemkot

Kolaborasinya dengan membuat gudang dan pabrik pakan mini feedmill serta pelatihan pengolahan pakan selfmix di RT 07/RW 05, Dusun Cigebot, Desa Muktisari, Kecamatan Cipaku, Rabu 24 Agustus 2022.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Tasikmalaya, Nurtjipto menyampaikan kolaborasi BI, Pemerintah Kabupaten Ciamis dan pihak koperasi P2APC arahnya untuk kemandirian pakan ternak. 

BI memberikan mesin produksi pakan sedangkan Pemerintah Kabupaten Ciamis membangun gedung dan tanah untuk tempat produksi pakan ternak dari koperasi P2APC.

BACA JUGA:Komjen Ahmad Dofiri Ketua Sidang Kode Etik Ferdi Sambo, Sosok Religius dan Bisa Baca Kitab Kuning

“Hal ini kolaborasi yang luar biasa bagi kami, karena tiga elemen bergerak bersama-sama untuk kemandirian pakan para peternak ayam petelur,” kata Nurtjipto.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Tasikmalaya berharap berdirinya tempat pakan ternak ini bisa menekan harga pakan yang tinggi selama ini. 

Harga pakan sering dikeluhkan para peternak ayam petelur di Priangan Timur, khusus Ciamis. 

BACA JUGA:Sidang Kode Etik Ferdy Sambo Dimulai Pukul 9 Pagi Ini, Sayangnya Tertutup

“Kalau beli di pabrik Rp 7.600/kg, sedangkan ketika beli di koperasi P2APC bisa menjadi Rp 6.000-6.500/kg. Artinya sekitar 15-17 persen biaya pakan ternak bisa ditekan,” lanjutnya.

Nurtjipto juga menerangkan agar hasil pabrik maksimal saat produksi pakan ternak ayam, pihaknya mengadakan pelatihan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: