Waduh! Harga Telur Ayam Sudah Tembus Rp39 Ribu di Daerah Ini

Waduh! Harga Telur Ayam Sudah Tembus Rp39 Ribu di Daerah Ini

Harga telur ayam di berbagai daerah terus mengalami kenaikan sejak beberapa waktu ke belakang. Bahkan di daerah tertentu harganya ada ada yang sudah tembus Rp39 ribu per kilogramnya. Foto: dok radar tasik--

JAKARTA, RADARTASIK.COM - Harga telur ayam dalam beberapa waktu ke belakang terus beranjak naik di beberapa daerah di Tanah Air. Bahkan di Papua harganya telah mencapai Rp39.600 per kilogram.

Akibatnya baik pedagang maupun pembeli menjerit karena naiknya harga telur ayam yang tidak terkendali tersebut. BACA JUGA:Waduh, Harga Telur di Pasar Banjar Rp32 Ribu- Rp33 Ribu Per Kg, Ini Penyebabnya

Sementara itu berdasarkan pantauan di Pasar Kramat Jati Jakarta Timur dan Pasar Baru Kota Bekasi, harga telur ayam menembus angka Rp31 ribu per kilogram.

Sedangkan mengutip hargapangan.id, harga telur ayam di Jawa Barat menembus Rp30.750 per kilogram, demikian halnya dengan harga di DKI Jakarta yakni Rp 30.850 per kilogram.

Harga telur terendah ada di daerah Jambi dengan harga Rp25.400 sementara harga telur tertinggi di Maluku dan Papua yaitu Rp39.600 per kilogram.

BACA JUGA:Sudah Sepekan Harga Telur Ayam Kalahkan Saat Lebaran, Solusi Warga Lakukan Ini

Pedagang telur ayam di Pasar Kramat Jati bernama Ati mengatakan harga telur naik terjadi sejak seminggu terakhir karena pasokan dari peternakan sedikit.

"Konsumen banyak yang mengeluh kenapa harganya mahal sekali," kaya Ati di Jakarta, Selasa 23 Agustus 2022. Ati mengungkapkan kenaikan harga telur ayam ini berpengaruh terhadap omzet penjualan

Diketahui, dua pekan sebelumnya, harga telur ayam di Pasar Kramat Jati masih Rp28 ribu per kilogram. Pada pekan lalu, naik 7 persen menjadi Rp30 ribu dan sekarang menembus Rp31 ribu.

BACA JUGA:Harga BBM Subsidi Naik Tergantung Menteri Keuangan, Dasarnya Begini

Omzet penjualan telur ayam milik Ati menurun hingga 25 persen jika dibandingkan dengan saat harganya normal, yaitu Rp25 ribu. "Harapannya, semoga harganya bisa segera turun sehingga konsumen bisa beli lagi," ujar Ati seperti dilansir Disway.id, Selasa, 23 Agustus 2022.

Dian, pemilik warung makan, mengaku keberatan dengan naiknya harga telur ayam yang mencapai Rp31 ribu per kilogram.

Sebab, hal tersebut bisa memengaruhi usaha warung makannya. Kini dia terpaksa mengecilkan porsi menu makanan yang menggunakan telur. "Kalau harga kami naikkan, kasihan konsumen. Kami cuma bisa kurangi saja porsinya," ucap Dian. 

BACA JUGA:Belum Miliki Sertifikat Halal, Mie Gacoan Kembali Jadi Perbincangan, Begini Kata MUI dan Manajemen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id