Efek Kunjungan Nancy Pelosi, Hari ini China Langsung Memulai Latihan Militer Dekat Taiwan

Efek Kunjungan Nancy Pelosi, Hari ini China Langsung Memulai Latihan Militer Dekat Taiwan

CHINA, RADARTASIK.COM – Beijing melakukan latihan militer di lepas pantai Taiwan setelah sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi menurut laporan media CHINA.

Pelosi mendarat di Taipei pada Selasa 2 Agustus malam meskipun ada peringatan berulang kali dari Beijing agar tidak mencoba mengunjungi wilayah yang dianggapnya sebagai bagian integral dari CHINA.

Zona Timur Komando Tempur PLA secara konsisten telah melakukan serangkaian operasi militer gabungan di sekitar pulau Taiwan,"  lapor media CHINA, CCTV beberapa jam setelah Pelosi tiba di pulau itu.

BACA JUGA:China Bantah Ingin Menguasai Bulan

"Tentara Pembebasan Rakyat China dalam siaga tinggi dan akan meluncurkan serangkaian operasi militer yang ditargetkan untuk melawan ini,” kata Wu Qian juru bicara kementerian pertahanan China.

“China dengan tegas mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorial, dan dengan tegas menggagalkan campur tangan eksternal dan upaya separatis 'kemerdekaan Taiwan," lanjutnya tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Dalam pernyataan terpisah, Komando Timur China mengumumkan latihan militer bersama di lepas pantai Taiwan.

BACA JUGA:China Dilaporkan Telah Mendeteksi Tanda Peradaban Luar Angkasa

Komando Timur China juga melakukan penembakan langsung di Selat Taiwan dan peluncuran uji coba rudal.

Latihan militer China akan dimulai pada hari Rabu pagi ini menurut rekaman yang diedarkan oleh CCTV China.

Tidak segera jelas apa sebenarnya "operasi militer yang ditargetkan" itu dan apakah mereka terpisah dari serangkaian latihan yang diumumkan oleh Komando Teater Timur juga belum diketahui.

BACA JUGA:Serangan China Ke Taiwan Akan Berdampak Pada Perdagangan Dunia

Pernyataan militer senada dengan pernyataan Kementerian Luar Negeri China yang mengecam kunjungan Pelosi sebagai pelanggaran “serius” terhadap “kedaulatan dan integritas teritorial China.”

Kedatangan Pelosi “merusak perdamaian dan stabilitas di seberang Selat Taiwan, dan mengirimkan sinyal yang sangat salah kepada pasukan separatis untuk kemerdekaan Taiwan,” jelas kementerian tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today