Kemensos Jenguk Gadis Warga Cikalong Tasik yang Dipasung

Kemensos Jenguk Gadis Warga Cikalong Tasik yang Dipasung

SINGAPARNA - Dirjen Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) RI berkunjung ke Yayasan Rehabilitasi anak Darul Ikhsan di Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya, Kamis (18/3/2021).


Dalam kunjungannya, perwakilan Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos RI didampingi Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pemberdayaan Perlindungan Perempuan Anak (Dinsos-PMD-P3A), Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) bersama Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kabupaten Tasikmalaya.

Dirjen Kemensos RI memberikan bantuan sembako dan pakaian kepada Yayasan Darul Ikhsan untuk digunakan bagi anak-anak yang menjalani rehabilitasi, termasuk remaja 19 tahun yang dipasung keluarganya asal Kecamatan Cikalong.

Perwakilan Dirjen Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) RI, Umar mengatakan kedatangannya untuk melihat langsung kondisi Yayasan Darul Ikhsan yang merehabilitasi anak-anak, termasuk remaja ODGJ yang sempat dipasung keluarganya.

“Atas nama pemerintah kami ucapkan terima kasih kepada Yayasan Darul Ikhsan yang sudah ikut membantu melakukan rehabilitasi anak, termasuk respons dari KPAID dan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, kami juga silaturahmi ke Tasikmalaya,” katanya.

Dia menambahkan, bantuan berupa sembako dan pakaian ini bisa digunakan untuk anak-anak yang sedang menjalani rehabilitasi di Yayasan Darul Ikhsan.

“Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan dan digunakan sebaik-baiknya. Ke depan semua pihak pemerintah, pemerhati anak dan lembaga yayasan yang konsen bisa bersinergi untuk saling bantu,” ujarnya.

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kabupaten Tasikmalaya Ato Rinanto SIP mengatakan, kedatangan perwakilan Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos RI ke Tasikmalaya dalam rangka melihat kondisi anak-anak yang sedang menjalani rehabilitasi di Yayasan Darul Ikhsan, Kota Tasikmalaya.

“Termasuk melihat kondisi remaja asal Kecamatan Cikalong yang sempat dipasung oleh keluarganya. Dirjen Kemensos RI mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah daerah dan KPAID yang sudah respons dan cepat tanggap terkait fenomena pemasungan yang terjadi di Kecamatan Cikalong,” kata Ato kepada Radar, kemarin.

Menurut dia, Kemensos RI sendiri mengetahui soal fenomena masih adanya pasung terhadap anak orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) asal Kecamatan Cikalong dari media dan laporan Dinas Sosial PMD-P3A Kabupaten Tasikmalaya.

“Kemudian merespons dengan kunjungan langsung, Dirjen Rehabilitasi Sosial diperintahkan Menteri Sosial untuk melihat kondisi langsung anak yang direhabilitasi di Darul Ikhsan,” ungkapnya.

Dalam kunjungannya tersebut, jelas dia, Dirjen Kemensos RI memberikan sembako, pakaian dan lainnya. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemensos RI yang sudah memberikan perhatiannya kepada anak-anak yang direhabilitasi ini. Mudah-mudahan kedepan pemerintah bisa cepat tanggap bersama-sama dalam penanganan anak-anak yang direhabilitasi,” tambahnya. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: