Pemkab Ciamis Selenggarakan BUMDes Award 2022

Pemkab Ciamis Selenggarakan BUMDes Award 2022

CIAMIS, RADARTASIK.COM - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan salah satu komponen penting pertahanan ekonomi daerah hingga nasional.

Sebab, BUMDes mampu memberikan fondasi yang kuat terhadap ekonomi, mengoptimalkan potensi sumber daya manusia (SDM) dan memberikan keuntungan bagi masyarakat desa.

Hal itu disampaikan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat membuka Kegiatan Sosialisasi Tahapan Pelaksanaan dan Pendaftaran BUMDes Award di Aula Sekretariat Daerah, Senin 11 Juli 2022.

BACA JUGA: Jangan Biarkan BUMDes Mati Suri

Herdiat menyampaikan apresiasi kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis yang telah menggagas terselenggaranya BUMDes Award ini.

Dengan adanya BUMDes Award, nantinya secara tidak langsung akan memperkuat perekonomian desa, daerah hingga nasional.

“Kontribusi BUMDes harus memiliki peningkatan terhadap perekonomian di desa, Kabupaten Ciamis hingga nasional,” katanya.

BACA JUGA: Inspektorat Bocorkan Pola Kerja Pendamping Desa Agar Tak Terjadi Penyimpangan di Bumdes

Agar BUMDes maksimal mengelola potensi sumber daya alam yang melimpah di desanya, Pemerintah Kabupaten Ciamis berinovasi dengan BUMDes Award.

Dengan harapan, BUMDes dapat sejalan dengan visi misi Kabupaten Ciamis yang sudah tertuang didalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“BUMDes harus memiliki maksud dan tujuan jelas yakni sesuai dengan RPJMD Kabupaten Ciamis. Tidak hanya semata-mata usaha,” ujarnya.

BACA JUGA: BUMDes Diharap Kembali Bangkit

Kajari Ciamis Erny Veronica Maramba menyampaikan BUMDes Award ini diselenggarakan agar pengelolaan dana desa lebih sehat.

Terutama, dalam pengembangan produk unggulan yang dikembangkan desanya, sehingga lebih optimal dalam pemberdayaan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: