Warga Tanjungsukur Kota Banjar Gotong Royong Bersihkan Sungai

Warga Tanjungsukur Kota Banjar Gotong Royong Bersihkan Sungai

BANJAR — Warga Lingkungan Tanjungsukur RW 16 dan Lingkungan Pangadegan Kelurahan Hegarsari Kecamatan Pataruman dibantu anggota BPBD dan Babinsa turun ke Sungai Ciroas Jumat (19/2/2021). Mereka gotong-royong membersihkan material tembok penahan tebing yang ambruk ke sungai.

Ketua RT setempat Edi Sulaiman mengatakan kerja bakti dilaksanakan agar material longsor tidak menutupi aliran air sungai.

“Kita pastikan material dibersihkan terlebih dulu dari dasar sungai, sebelum dilakukan perbaikan oleh dinas terkait (PU PRPKP),” kata dia kepada wartawan di lokasi.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Banjar Kusnadi mengatakan meninjau ke lapangan memastikan kondisi tembok penahan tebing Sungai Ciroas yang ambruk.

“Anggota kita juga turun ikut membantu membersihkan material, biar cepat selesai sebelum diperbaiki,” ujarnya.

Dia mengaku sudah mempersiapkan bronjong jika diperlukan untuk bahan sementara menahan material longsor agar tidak terbawa arus sungai.

“Kita siap-siap saja, tinggal pengerjaannya kapan. Karena kalau dibiarkan dikhawatirkan nanti terjadi longsor susulan kalau hujan turun. Segini juga warga sudah peduli membersihkan material longsoran,” ujarnya. (nto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: