Sebut Hanya Persoalan Budaya, Gus Islah Bilang Rendang juga Boleh Diolah Pakai Daging Monyet, Waduh!

Sebut Hanya Persoalan Budaya, Gus Islah Bilang Rendang juga Boleh Diolah Pakai Daging Monyet, Waduh!

Radartasik, JAKARTA  - Direktur Eksekutif Jaringan Moderat, Gus Islah Bahrawi menegaskan untuk tidak pernah membawa persoalan budaya ke dalam ranah agama, termasuk soal makanan rendang.

Pasalnya, jika semua dibawa ke ranah agama maka pada akhirnya akan masuk ke dalam usul fikih. Sehingga sambung Gus Islah nantinya bisa menimbulkan ketidakadilan.

Oleh karenanya Gus Islah tidak setuju dengan analogi yang sempat dilontarkan Ustaz Adi Hidayat (UAH) antara rendang dan juga batik.

"Kalau kemudian batik ini dipaksa juga untuk dijadikan analogi terhadap persoalan rendang ini, ini nggak fair (tidak adil)," kata Gus Islah, dikutip Disway.id dari kanal YouTube AGISTA MEDIA CIANJUR pada Kamis, 23 Juni 2022.

BACA JUGA:Daripada Ribut Bahas Rendang Punya Agama atau Tidak, Yuk Bikin Rendang Daging yang Baik dan Benar

Gus Islah juga meyakini bahwa batik memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi karena boleh digunakan oleh kaum manapun, dimanapun, dan kapanpun.

Sekali lagi Gus Islah kembali menegaskan untuk tidak membawa hal-hal yang bersifat kultur dan budaya ke dalam hukum usul-usul fikih.

"Dia (UAH) mengatakan begini, saya tahu itu videonya bahwa sejak kapan rendang ada agamanya, ya sejak batik juga ada kewarganegaraannya," tutur Gus Islah.

"Jangan terlalu disimplifikasi dengan persoalan-persoalan semuanya ke ranah agama, ini kebiasaan kita. Jangan membodohi umat seolah-olah semua kultur itu harus di agamakan," sambungnya.

BACA JUGA:Ibu dan Anak Anies Baswedan Ternyata Ikut Jadi Penyumbang Bertambahnya Kasus Positif Covid-19 di Jakarta

Gus Islah menuturkan kalau batik diklaim oleh pemerintah Indonesia karena dulu pernah dilakukan klaim oleh Malaysia.

Dengan begitu pemerintah berusaha keras untuk menjaga batik sebagai pemegang hak patennya.

Lebih lanjut, Gus Islah melihat persoalan rendang ini hanya sebatas persoalan budaya saja.

Bahkan Gus Islah meyakini bahwa rendang juga bisa diolah dengan daging monyet dan bukan hanya dengan menggunakan daging sapi saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: