Kades Sampaikan TPT Roboh Akan Diperbaiki Secara Swadaya

Kades Sampaikan TPT Roboh Akan Diperbaiki Secara Swadaya

Radartasik.com, BANJAR — Tembok penahan tebing (TPT) di Dusun Muktiasih tiba-tiba roboh saat hujan deras yang disertai angin kencang, Sabtu (26/2/2022) sore. Material longsoran menutup akses jalan dan saluran irigasi.

"Itu TPT milik pribadi (warganya) yang saat hujan deras roboh menutup jalan dan saluran air," kata Kepala Desa Sukamukti, Budi, kepada radartasik.com, Minggu (27/2/2022). 

Akibat TPT roboh tersebut material longsoran sempat menimpa rumah di bawahnya. Namun tidak mengalami kerusakan.  Imbas robohnya TPT tersebut rumah diatasnya terancam tergerus. Terlebih jika kembali terjadi hujan deras. 

"Kemarin sama warga sekitar bergotong royong melakukan evakuasi. Dan untuk perbaikan nanti dilakukan secara swadaya," tegasnya.

Secara terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar Kusnadi Sip, melalui Kasi Darlog Yudi Andiana menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan kurang 200 karung. 

"Digunakan untuk diisi pasir, selanjutnya disusun agar tidak menyebabkan longsor susulan saat hujan deras di lokasi TPT yang roboh itu," ujarnya.  

Pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati. Karena cuaca ekstrem masih terjadi dengan intensitas sedang. (Anto Sugiarto/Radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: