Babancong Weekend Market Akan Dongkrak Perekonomian Pascapandemi di Garut

Babancong Weekend Market Akan Dongkrak Perekonomian Pascapandemi di Garut

Radartasik, GARUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akan mengadakan kegiatan dalam mendongkrak para pengusaha industri kecil menengah (IKM). Kegiatan bertajuk Babancong Weekend Market itu akan dilaksanakan selama enam pekan mulai 18 Juni.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Promosi dan Kerjasama Perdagangan (P2KP) Disperindag ESDM Garut Ratu Ayu Dinar Wira Pertiwi mengatakan, Babancong Weekend Market merupakan pameran lanjutan dari Gebyar Pesona Budaya tahun 2022. Menurutnya, kegiatan tersebut berdampak terhadap peningkatan omset para pelaku IKM di Kabupaten Garut.

“Alhamdulillah kegiatan tersebut (Gebyar Pesona Budaya) ternyata cukup meningkatkan omset dari para pelaku usaha pameran pada saat itu, karena ternyata omsetnya bisa mencapai Rp 6-7 juta dalam sehari untuk satu pelaku usaha, satu stand,” ungkapnya kepada wartawan, Jumat (17/6/2022).

Ratu memaparkan, Babancong Weekend Market memiliki konsep pameran.

“Alhamdulillah semuanya antusias dan mereka semua sudah menyiapkan mulai dari berbagai macam program-program promo di masing-masing standnya, dan juga akan membawa icon-icon unik dari usaha-usaha yang mereka miliki,” ungkapnya.

Tak hanya promosi produk, imbuhnya, dalam kegiatan ini juga digelar beragam acara hiburan untuk menarik minat masyarakat, salah satunya lomba mewarnai antar Taman Kanak-kanak (TK) se-Kabupaten Garut.

“Jadi memang kita bikin semenarik mungkin biar semuanya aware terhadap pameran ini,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan ini dapat menjadi kebangkitan dari perekonomian di Kabupaten Garut. Selain itu, berharap ada peningkatan omset bagi para pelaku IKM secara berkelanjutan setelah diadakannya kegiatan ini.

Ketua Penyelenggara Kiki Gumelar menyampaikan, selain ajang promosi, acara ini juga akan digunakan untuk sosialisasi pembentukan AIKMA di Kabupaten Garut.

“Waktunya hanya di (hari) Sabtu dan Minggu,” ucap Owner Chocodot dan Ketua Asosiasi Industri Kecil Menengah Agro (AIKMA) Jawa Barat itu.

Kiki menuturkan, kegiatan ini akan melibatkan lebih dari seratus IKM di Kabupaten Garut. “Harapan dengan adanya Babancong Weekend Market ini bisa banyak antusias dari warga Garut untuk mendukung produk-produk Garut lebih kuat lagi secara promosi dan bisa dikenalkan ke tingkat nasional,” ucapnya.

Relationship Officer Institusi Bank BJB Garut Sahal Tanfidzi menyampaikan, kegiatan tersebut menarik perhatian. Sebab Babancong Weekend Market dapat mendorong para IKM untuk hidup kembali setelah masa pandemi.

“Kita akan dukung juga pak, baik itu dari segi digitalisasi perbankannya supaya nanti kita yang tergabung dalam Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah itu akan memberikan edukasi kepada para IKM juga kepada seluruh masyarakat supaya bisa bertransaksi melalui digital,” ucapnya.

Ia juga berharap, semua pengusaha baik IKM ataupun Usaha Kecil Menengah (UKM) dapat bangkit dan bisa maju kembali pasca masa pandemi. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: