DKP3 Perbolehkan Kiriman Hewan Kurban dari Luar Kota, Perhatikan Syaratnya!

DKP3 Perbolehkan Kiriman Hewan Kurban dari Luar Kota, Perhatikan Syaratnya!

Radartasik, KOTA TASIK – Dalam mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, Pemerintah Kota Tasikmalaya melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) akan melakukan vaksinasi.

Sebanyak 3.500 hewan ternak akan divaksin guna mencegah penularan PMK menjelang Idul Adha 2022 yang jatuh pada Sabtu (09/07/22) bulan depan.

"Kami akan mengupayakan langkah untuk mengantisipasi penyebaran PMK menjelang Hari Raya Idul Adha nanti," ujar Kepala DKP3 Kota Tasikmalaya, Adang Mulyana, Selasa (14/06/22) sore.

Menurut Adang, pihaknya telah mendapat informasi bahwa per hari ini pemerintah pusat mulai menyebarkan vaksin PMK.

BACA JUGA:Hadapi Idul Adha, Jabar Siap Penuhi Kebutuhan Hewan Kurban Sehat 

Pihaknya telah mengajukan ke Pemprov Jabar untuk jumlah vaksin PMK yang dibutuhkan di Kota Tasikmalaya.

"Jadi ya kita masih menunggu droping vaksinasi dari pusat melalui Pemprov. Mudah-mudahan tak terlalu lama bisa kami terima. Berdasarkan hasil pendataan jumlah hewan ternak yang akan divaksin, nantinya terdapat kurang lebih 3.500 hewan ternak," terangnya.

BACA JUGA:Jokowi Minta Kasus PMK Segera Dikendalikan, Check Point Bergerak, Pengawasan Ketat Jelang Idul Adha

Hingga kini jumlah hewan ternak yang terdeteksi suspek PMK di Kota Tasikmalaya mengalami penurunan. Yaitu berjumlah 8 hewan ternak. 

Angka tersebut jauh menurun dari jumlah sebelumnya yang mencapai ratusan hewan.

BACA JUGA:MUI Tegaskan Sah Berkurban dengan Hewan yang Terjangkit PMK dengan Gejala Ringan

Adang memastikan ketersediaan hewan ternak untuk Idul Adha aman. Dia juga mempersilakan kiriman hewan ternak dari luar daerah masuk ke Kota Tasikmalaya. Dengan catatan dibekali dengan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) dari daerah asal.

"Sejauh ini untuk stok ketersediaan hewan ternak untuk kurban di wilayah di Kota Tasikmalaya masih mengandalkan kiriman dari luar daerah," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: