Lanud Wiriadinata, Tasikmalaya Latihan Crash Team, Disimulasikan Pesawat Crash Landing dan Terbakar

Lanud Wiriadinata, Tasikmalaya Latihan Crash Team, Disimulasikan Pesawat Crash Landing dan Terbakar

Radartasik, TASIKMALAYA – Guna menguji kesiapsiagaan personelnya menghadapi keadaan emergency, Lanud Wiriadinata mengadakan latihan Crash Team di ujung runway 15 Base Ops Lanud Wiriadinata, Cibeureum, Kota Tasikmalaya.

Dalam latihan pada Jumat (10/06/22) itu disimulasikan sebuah pesawat PK XXZ dengan rute penerbangan Jakarta - Cilacap, mengalami trouble engine. 

Pilot memutuskan untuk menghubungi bandara terdekat dalam hal ini Lanud Wiriadinata Tasikmalaya untuk meminta bantuan.  

Setelah menerima laporan pilot, maka Lanud Wiriadinata dan pihak terkait lainnya  segera mengadakan persiapan guna mengantisipasi kemungkinan terburuk dari kejadian tersebut. 

Ternyata dalam skenario latihan pesawat mengalami crash landing dan terbakar sehingga menyebabkan timbulnya korban. 

Seluruh unsur-unsur yang ada di Lanud Wiriadinata segera berkerja sesuai dengan tupoksinya masing-masing seperti yang telah diarahkan sebelumnya.

Dari personel bidang operasi, opslat, polisi militer, dan intelijen serta penerangan semua bahu membahu bekerja sama guna mengamankan materil dan meminimalisir korban yang ada.

Dalam bidang medis, satuan kesehatan Lanud Wiriadinata bekerja sama dengan RS setempat  juga berperan aktif guna menolong korban baik yang terluka maupun yang sudah tidak bisa diselamatkan lagi.

Selanjutnya Danlanud Wiriadinata, Letkol Pnb Adi P Buana pada akhir latihan melakukan evaluasi. 

Kata dia, maksud dilaksanakan latihan crash team ini untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman.

"Serta melatih bagi anggota atau satuan jajaran yang ada di Lanud Wiriadinata terhadap pelaksanaan pertolongan terhadap kecelakaan pesawat terbang dan cara penyelamatan korban secara terintegrasi," jelasnya kepada wartawan, Senin (13/06/22). (rezza rizaldi / radartasik.disway.id)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: