Lacak Aliran Dana Kelompok Khilafatul Muslimin, Polri Gandeng PPATK dan Densus 88

Lacak Aliran Dana Kelompok Khilafatul Muslimin, Polri Gandeng PPATK dan Densus 88

Radartasik, JAKARTA - Pasca penangkapan pimpinan tertinggi kelompok Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Hasan Baraja di Lampung beberapa hari lalu, polisi terus melakukan pengembangan penyelidikan terhadap organisasi tersebut. Termasuk menelusuri atau melacak aliran dana dari kelompok tersebut. 

Untuk keperluan tersebut polri pun bekerja sama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) guna melakukan pelacakan aliran dana kelompok Khilafatul Muslimin.

"Itu masih didalami, karena Polri tidak bisa bekerja sendiri ketika menyangkut masalah aliran dana. Kita harus bekerjasama dengan PPATK," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo saat ditemui di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jumat, 10 Juni 2022.

BACA JUGA:Sambil Menangis, Pria yang Nikahi Kambing Nyatakan Tobat dan Minta Maaf

Tak hanya PPATK, lanjut Dedi, penyidik juga bakal bekerja sama dengan sejumlah instansi lain untuk pelacakan aliran dana kelompok Khilafatul Muslimin tersebut. Salah satunya dengan Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri, yang memang memiliki basis data lengkap dan akurat terkait terorisme.

"Kita akan bekerja sama dengan berbagai macam stakeholder terkait lainnya yang bisa betul-betul melacak dana tersebut dari mana. Tentunya tim dari Densus (tetap dilibatkan) karena memiliki database yang sangat kuat, juga pasti akan mendalaminya," jelasnya seperti dilansir fin.co.id.

Sebelumnya, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengungkapkan, Khilafatul Muslimin melakukan pengumpulan dana menggunakan kotak amal yang disebar di sejumlah titik.

BACA JUGA:Begini Kata Ridwan Kamil Penjelasan Ilmiahnya Mengapa Jasad Eril Masih Utuh Padahal Sudah 14 Hari di Air

"Terkait dengan aliran dana, yang diketahui penggalangan dana yang sudah pasti adalah internal mereka. Artinya disebarkan kotak amal,” kata Ramadhan, Kamis, 9 Juni 2022.

Ditambahkan Ramadhan, kelompok tersebut menyebarkan kotak amal dalam kegiatan majelis mereka dan penggalangan dana tersebut dilakukan secara internal. 

"Sesama mereka pada kegiatan-kegiatan Majelis, jadi baru internal," ucapnya.

BACA JUGA:Otak Pelaku Rekayasa Kecelakaan demi Uang Asuransi Akhirnya Menyerahkan Diri

Namun, ia belum menjelaskan secara rinci total dana yang telah dikumpulkan oleh Khilafatul Muslimin. Polisi masih melakukan pendalaman terkait hal tersebut. 

"Masih dalam proses, masih pendalaman. Kita matangkan dulu baru kita sampaikan," pungkas Ramadhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: