Yuk...Kebersihan Lingkungan Jadi Gerakan Bersama

Yuk...Kebersihan Lingkungan Jadi Gerakan Bersama

Radartasik, KOTA TASIK - Ketua Komisi III DPRD Kota Tasikmalaya, Enan Suherlan mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan.

Politisi nyentik ini menjelaskan, pengelolaan lingkungan atau kebersihan lingkungan harus dilakukan secara bersama-sama oleh semua pihak.

Momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia, menurut dia, harus memiliki substansi atau pesan yang disampaikan kepada publik tidak hanya sebatas perayaan atau acara seremonial. 

Gerakan peduli dan tanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan ini menurutnya harus ditindaklanjuti dengan kegiatan nyata sehari-hari. 

BACA JUGA:Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Wali Kota Challange Kepala DLH Biar Raih Adipura

"Minimal dari diri sendiri dan keluarga kita. Insya Allah nanti menjadi kekuatan yang sangat besar untuk gerakan bersama," tuturnya.

Politisi yang hobi otomotif ini mencontohkan, hari ini belum adanya gerakan yang konkrit dalam hal pengelolaan sampah. sehingga tak heran ketika sampah di sudut-sudut kota pada tiap harinya selalu menumpuk. 

"Jadi DLH bisa berkolaborasi misalnya dengan MUI atau DMI ketika jemaahnya kumpul diingatkan; mari menjaga kebersihan lingkungan," sarannya.

BACA JUGA:Hari Lingkungan Hidup Internasional, BRI Perkuat Komitmen Atasi Perubahan Iklim

Menjaga lingkungan, menurutnya, harus lahir dari diri sendiri. selanjutnya menggelinding dan bakal menjadi gerakan bersama.

Hal ini diyakini pula akan menjadi sebuah kekuatan karena memiliki komitmen yang sama dalam hal menjaga kebersihan lingkungan.

"Tapi ada satu sisi dimana kita membangun kesadaran bersama di masyarakat, edukasi soal kebersihan lingkungan. Nanti bisa menjadi gerakan kultural yang dilakukan DLH," pungkasnya. 

Sebelumnya, dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup, puluhan pahlawan kebersihan melakukan aksi long march. 

Sambil membawa pentungan, harapannya memberikan sinyal guna mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: