Kartika Affandi Pimpin Para Pelukis Yogyakarta Melukis di Situ Gede, Kota Tasikmalaya, Wow Mantap

Kartika Affandi Pimpin Para Pelukis Yogyakarta Melukis di Situ Gede, Kota Tasikmalaya, Wow Mantap

Radartasik, TASIKMALAYA – Putri maestro seni lukis Indonesia Affandi Koesoema, Kartika Affandi (87) memimpin para pelukis Yogyakarta melukis di Situ Gede, Kota Tasikmalaya.

Kartika Affandi merupakan kakak istri Wali Kota Tasikmalaya, Hj Rukmini Yusuf Affandi.

Hj Rukmini Yusuf Affandi mengakui, keindahan dan keasrian alam Situ Gede menjadikan dirinya tak bosan melukisnya.

 
Hj Rukmini Yusuf Affandi, istri Wali Kota Tasikmalaya saat melukis Situ Gede, Kota Tasikmalaya, Senin (6/6/2022). Foto: rezza rizaldi / radartrasik.disway.id--

"Saya sudah tinggal di Kota Tasikmalaya lebih dari 35 tahun. Dan saya sering melukis Situ Gede ini," papar Hj Rukmini Yusuf Affandi di sela-sela melukis Situ Gede.

"Selain view-nya bagus, kami sangat nyaman untuk melukisnya. Selain udaranya sejuk, lingkungannya sangat familiar. Mulai dari ada nelayannya, warung warga sekitar dan lainnya," sambung Hj Rukmini Yusuf Affandi.

Jadi, terang dia, dirinya nyaman untuk bisa berkarya di Situ Gede. 

"Kebetulan saya kedatangan kakak saya, Ibu Kartika Afandi. Saya ajak ke Situ Gede, salah satu lokasi pariwisata kebanggaan Kota Tasikmalaya untuk diabadikan melalui lukisan," terangnya.

Melukis itu, menurut Hj Rukmini Yusuf Affandi adalah ungkapan rasa dan jiwa. 

”Yang penting bagaimana mengespresikannya agar apa yang dilihat menjadi makna hidup. Bahwa apa yang diciptakan Allah itu sangat luar biasa,” ujar Hj Rukmini Yusuf Affandi.

"Maka kita syukuri dengan melukis walaupun tak seindah aslinya. Karena hanya Allah yang paling hebat dalam berkarya," tambahnya.

Sementara itu Kepala Disparbudpora Kota Tasikmalaya, Aan Hadian menuturkan, di Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini kebetulan pihaknya kedatangan pelukis dari Yogyakarta.

"Yaitu anaknya Pak Afandi, yaitu Ibu Kartika (Affandi), kebetulan kakaknya Ibu Wali Kota, Ibu Rukmini Afandi," tuturnya.

Dalam kesempatan ini mereka melukis alam yang ada di Kota Tasikmalaya bagaimana tentang lingkungan hidup yang ada di Situ Gede.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: