Jet Tempur AS Jatuh, Pilot Tewas

Jet Tempur AS Jatuh, Pilot Tewas

Radartasik, Seorang pilot jet tempur Angkatan Laut AS tewas ketika F/A-18E Super Hornet miliknya jatuh di Gurun Mojave California Selatan yang menjadi setidaknya insiden keempat di daerah itu dalam beberapa tahun terakhir.

Jet yang berbasis di Naval Air Station Lemoore antara Los Angeles dan San Francisco, jatuh di dekat kota Trona di San Bernardino County sekitar pukul 14:30 pada hari Jumat (03/06/2022) kata Angkatan Laut dalam sebuah pernyataan.

Pilot tidak diidentifikasi dan Angkatan Laut tidak memberikan rincian tentang bagaimana kecelakaan itu terjadi dan tidak ada korban luka yang dilaporkan di darat.

Insiden itu terjadi hanya beberapa jam setelah seorang pelaut pasukan khusus Angkatan Laut tewas dan empat lainnya terluka ketika van mereka jatuh dalam perjalanan kembali dari latihan di Camp Billy Machen di Niland, California.

Dua dari pelaut yang terluka lainnya dalam kondisi kritis di rumah sakit terdekat tanpa mengidentifikasi personel yang terlibat menurut keterangan Angkatan Laut.

Patroli Jalan Raya California menyelidiki kecelakaan itu. Van dilaporkan membelok dari jalan raya sebelum pukul 10 pagi, menabrak batu besar dan terbalik.

BACA JUGA:Jet tempur F-16 Taiwan menghilang Lagi

Kecelakaan jet tempur juga mengikuti insiden tahun 2019 di mana Super Hornet lainnya jatuh yang menewaskan pilotnya. Kecelakaan itu terjadi di Taman Nasional Death Valley selama misi pelatihan.

Tujuh pengunjung taman terkena puing-puing dan terluka. Para pengamat telah berkumpul di sebuah pemandangan indah di mana pilot militer diketahui meluncur melalui area yang dijuluki “Star Wars Canyon” dimana pesawat harus terbang di bawah tepi seperti pesawat ruang angkasa di film “Star Wars”.

Setidaknya ada dua kecelakaan lain juga terjadi di California yang melibatkan Super Hornet dalam dua tahun terakhir. Super Hornet yang berbasis di Naval Air Station China Lake jatuh tahun lalu di Death Valley National Park, dan Super Hornet dari Naval Air Station Lemoore jatuh di Gurun Mojave pada tahun 2020. Dalam kedua kasus tersebut, pilot terlontar dan selamat.

F/A-18E Super Hornet dibangun oleh Boeing, dikenal sebagai pesawat tempur utama Angkatan Laut dan memiliki kecepatan tertinggi hampir 1.200 mil per jam. Jet seharga $ 70 juta ditampilkan dalam film “Top Gun: Maverick yang dibintangi oleh Tom Cruise.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today