Jet tempur F-16 Taiwan menghilang Lagi

Jet tempur F-16 Taiwan menghilang Lagi

Radartasik.com, Sebuah jet tempur F-16V, pesawat paling canggih dalam armada Angkatan Udara Taiwan, telah hilang, dengan saksi mata mengklaim bahwa mereka melihat pesawat itu jatuh ke laut. Operasi pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung.

Pesawat itu hilang dari radar Angkatan Udara pada Selasa (11/2/2022) sore, tak lama setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Chiayi di selatan pulau itu.

Pusat Komando Penyelamatan pemerintah mengatakan para saksi mata telah memberi tahu mereka bahwa mereka melihat pesawat itu jatuh ke laut.

Presiden Tsai Ing-wen menuntut para pejabat bekerja lebih keras untuk lebih memperjelas penyebab kecelakaan itu kata juru bicaranya.

Insiden ini menjadi yang terbaru menimpa Angkatan Udara Taiwan. Tahun lalu, dua pesawat tempur F-5E yang sudah tua, yang mulai beroperasi pada 1970-an, jatuh ke laut setelah tabrakan di udara selama latihan.

Dikutip dari Russian Today, pada tahun 2020, sebuah pesawat F-16 menghilang selama latihan lain, setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Hualien di pantai timur Taiwan.

Angkatan Udara Taiwan sendiri telah berulang kali diuji oleh banyak serangan China dalam beberapa tahun terakhir.

Beijing mengklaim pulau itu sebagai bagian integral dari negara itu dan bersikeras bahwa mereka akan menggunakan kekuatan militer. (sal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: