Heboh Tuyul di Cirebon, Begini Penjelasan Kapolsek Gunungjati

Heboh Tuyul di Cirebon, Begini Penjelasan Kapolsek Gunungjati

Radartasik.com, CIREBON — Video penangkapan tuyul di Desa Buyut Kecamatan Gunungjati Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, sempat heboh di media sosial.

Kehebohan tersebut mendapat perhatian dari aparat kepolisian setempat. Mereka menyelidiki kebenaran penangkapan makhluk astral tersebut.

Kapolsek Gunungjati Kabupaten Cirebon AKP Abdul Madjid mengatakan informasi tuyul tertangkap di Desa Buyut sebenarnya hanya boneka.

Menurut dia, boneka itu ditemukan anak-anak di pinggir jalan. Usai ditemukan, boneka dimasukkan ke dalam sebuah botol dan ditunjukkan kepada warga setempat termasuk orang dewasa.

Saat itu, ada yang merekam dan menyebut tuyul. Kemudian, videonya disebar hingga viral di media sosial.

”Itu boneka, yang nemuin juga ana-anak dan sudah dimusnahkan,” kata Kapolsek kepada radrcirebon.com, Senin (28/3/2022).

Kapolsek menjelaskan penemuan boneka tersebut terjadi pada Hari Jumat, 25 Maret 2022, sekitar pukul 13.00 WIB.

Kapolsek mengungkapkan yang menemukan boneka tersebut berinisial AK. Kemudian, boneka tersebut dimasukan dalam botol. AK menenteng botol tersebut dan menanyakan kepada warga terkait benda itu.

”Masyarakat beranggapan boneka itu tuyul dan mengundang kerumunan. Warga ingin melihat,” katanya.

Boneka itu, dikeluarkan dari botol oleh FS dan telah disampaikan bahwa itu adalah boneka. Tapi, ada juga yang bersikeras bahwa itu adalah tuyul. Ada juga warga yang mengambil gambar.

”Untuk menghindari isu-isu yang tidak baik, jadi dimusnahkan oleh warga pada sore harinya,” tuturnya.

Namun, ternyata video tersebut sudah menyebar di media sosial dengan narasi ada tuyul ditangkap di Desa Buyut Kabupaten Cirebon.

”Ini pesan juga buat masyarakat bahwa jangan langsung mempercayai informasi yang beredar,” kata kapolsek.

Kapolsek menambahkan masyarakat di Desa Buyut Kecamatan Gunungjati juga kondusif. Tidak ada masalah.

Menurut dia, Polsek Gunungjati melakukan edukasi kepada masyarakat agar tidak percaya pada sesuatu yang belum jelas kebenarannya.

”Ya kita melakukan edukasi kepada masyarakat agar tidak terlalu mempercayai terhadap sesuatu yang belum jelas kebenarannya,” katanya.

Pihaknya juga melakukan komunikasi dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat agar selalu mencermati terhadap informasi hoax.

Kemudian, memberdayakan fungsi bhabinkamtibmas dalam memberikan pembinaan kepada masyarakat, dalam membentuk dan menjaga kamtibmas yang kondusif di lingkungan masyarakat.

”Terkait video itu, masih kita telusuri maksud dari video tersebut karena di Desa Buyut sendiri kondusif tidak ada masalah,” tuturnya.

Sebelumnya, video yang dinarasikan tuyul tertangkap di Cirebon diunggah ke Youtube dan viral sejak Sabtu (26/3/2022) hingga hari ini Minggu (27/3/2022).

Dari video tersebut, tampak warga tengah berkerumun menyaksikan penampakan mahluk berukuran kecil itu. Bahkan, ukurannya tak sampai sebesar ibu jari warga yang memegang mahluk tersebut. Sepintas, mahluk itu seperti struktur manusia.

Namun, kini telah terungkap bahwa benda yang ditemukan tersebut hanya boneka biasa. Bukan tuyul yang tertangkap di Cirebon, seperti yang diviralkan. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: