Balik Untung Usaha Melambung, BRI Gathering bersama Debitur Kupedes Pelaku UMKM

Balik Untung Usaha Melambung, BRI Gathering bersama Debitur Kupedes Pelaku UMKM

Radartasik.com, KOTA TASIK — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk,  melaksanakan Gathering bersama 40 pelaku UMKM di Kantor BRI Cabang Tasikmalaya dengan tema Balik Untung Usaha Melambung. Gathering yang dilaksanakan pada Rabu,23 Maret 2022 tersebut merupakan Progam Healing kepada pelaku UMKM pasca pandemi Covid-19. 

Dalam kegiatan tersebut, Ary Juwono, pemimpin Cabang BRI Tasikmalaya sebagai salah satu pembicara, dalam paparannya menyampaikan bahwa BRI Micro & SME Index (BMSI) menunjukkan kondisi UMKM meningkat pada Q4 2021. Ini sekaligus menunjukkan peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang signifikan. 

Pertumbuhan menurutnya terjadi di semua daerah dan di seluruh sektor ekonomi. Dari sisi UMKM, sektor Industri Pengolahan, Perdagangan, dan Pertanian tumbuh positif dan akan terus tumbuh tinggi.

Ditambahkannya, pemerintah juga mendukung UMKM melalui kebijakan yang pro rakyat sejak 2020 hingga 2022 ini, mulai dari penanganan covid, program vaksinasi, perlindungan sosial, dan penguatan dunia usaha. 

Ary Juwono juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari penguatan dunia usaha pasca covid- 19. Salah satu penguatan dunia usaha melalui dukungan pembiayaan untuk UMKM dengan layanan Ultra Mikro. 

Untuk mengakselerasi dan memperluas dukungan pembiayaan kepada UMKM tersebut, BRI bersinergi dengan PNM dan Pegadaian untuk melayani 30 juta usaha Utra Mikro (UMi) yang belum terlayani oleh lembaga keuangan formal dan belum mendapatkan akses pembiayaan sama sekali.

Di akhir bahasan, Ary Juwono menyampaikan bahwa untuk memudahkan pelaku UMKM mengakses layanan pembiayaan, dapat diawali dengan bertransaksi di BRI dengan menggunakan aplikasi BRIMO yang dapat diakses dengan sebelumnya membuka Tabungan BRI, baik Simpedes maupun BRITAMA baik melalui Digital Saving maupun melalui outlet BRI terdekat.

Dengan bertransaksi di BRI, cashflow pelaku UMKM akan terlihat jelas dan memudahkan penilaian dalam memperoleh permodalan bagi UMKM yang dapat dipenuhi melalui Pinjaman KECE BRI, Produk gadai dan KUR Supermikro.

Selain Pemimpin Cabang BRI Tasikmalaya, kegiatan gathering juga dihadiri Dadang Mursyid, debitur Bank BRI yang juga merupakan Figur Inspiratif Lokal untuk berbagi pengalaman.

Pada kesempatan tersebut, Dadang Mursyid menyampaikan bahwa untuk memulai usaha terdapat 2 hal yang menjadi dasar dan harus dipegang teguh untuk memotivasi diri menjadi sukes, yakni : Keyakinan dan Kemauan.

Setiap pelaku UMKM harus yakin bahwa usahanya akan memperoleh keuntungan, harus positif thinking. Kemudian mau melakukan usaha tanpa harus merasa malu atau gengsi. Figur inspiratif lokal ini juga menceriterakan kisah suksesnya dalam mengembangkan usaha perikanan bioflok.

Kegiatan gathering ditutup dengan sharing dan tanya jawab yang berlangsung dengan penuh kehangatan dan ditutup dengan pemilihan pemenang hadiah kepada Debitur Kupedes yang mengangsur cicilannya secara lancar dan tepat waktu.

Terkait hal tersebut, Vikri Hadari B, sebagai Manajer Bisnis Mikro KC Tasikmalaya menyampaikan bahwa pembagian hadiah ini sebagai bentuk apresiasi kepada debitur yang konsisten melakukan pembayaran cicilan sebelum jatuh tempo tagihannya.

“Kepada peserta yang hadir diberikan kesempatan memilih 5 debitur secara acak dari data Profil Histori Debitur (PHD) yang merupakan kumpulan debitur dengan kriteria terbaik. Adapun hadiahnya berupa alat elektronik mulai dari lemari es, dispenser, setrika, rice cooker dan sejenisnya kepada 5 debitur yang dipilih untuk setiap Unit,” ulasnya. 

Vikri berharap, pola yang dibangun ini sekaligus sebagai bentuk edukasi dan menstimulus debitur BRI agar melakukan pembayaran angsuran kredit secara tepat waktu dan full tanpa ada tunggakan. (rls/try)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: