Agus Gayatri Nakhodai RAPI Tasik

Agus Gayatri Nakhodai RAPI Tasik

radartasik.com, RADAR TASIK — Agus Gayatri terpilih secara aklamasi sebagai ketua Radio Amatir Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 15 Tasikmalaya pada musyawarah wilayah yang ke-VIII di Hotel City Kota Tasikmalaya, Minggu (20/3/2022) pagi.


“Alhamdulillah diberikan amanah oleh teman-teman untuk memimpin RAPI periode selanjutnya. Ke depan akan berusaha terus membawa RAPI eksis,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

“Sebelumnya saya ketua sementara selama enam bulan yang bertugas melaksanakan muswil dan minimal lima lokal terbentuk sebelum pelaksanaan. Tapi alhamdulillah tiga bulan pertama bisa terbentuk lima lokal. Kemudian melakukan bansos kepada pengguna jalan dengan membagikan masker dan lainnya,” kata pria murah senyum ini. 

Menurut dia, di tengah kencangnya teknologi di era digital ini, ketergantungan masyarakat akan selular tidak bisa dimungkiri lagi. Kemudian RAPI sendiri menjadi alat komunikasi cadangan, apabila selular mengalami permasalahan. “Misalnya ketika ada bencana, di mana selular mati total. Di saat itu RAPI atau alat komunikasi ini sangat-sangat berguna, contohnya seperti saat Gunung Merapi meletus, kami siap selalu hadir menjadi cadangan alat komunikasi yang baik,” ujar dia, menjelaskan.

Namun, kata dia, untuk para komunitas atau anggota RAPI alat komunikasi ini masih terus eksis digunakan setiap hari, baik untuk diskusi, memberikan informasi, bercanda dan lainnya, karena banyak kelebihannya juga seperti hemat pulsa dan kuota. Termasuk ada sisi lain yang tidak bisa didapatkan di telepon selular dan lainnya.

“Saat ini keanggotaan ada 130 di Kabupaten Tasikmalaya dan 140 di Kota Tasikmalaya, itu yang eksis dan mempunyai kartu anggota,” kata dia, menambahkan.

Menurut dia, alat komunikasi ini juga sebenarnnya bisa diterapkan di pemerintahan untuk mengefektifkan koordinasi dan itu sudah dilakukan oleh kota-kota besar di Indonesia dan cukup efektif. “Karena waktu dulu zaman kewadanaan cukup efektif,” pungkasnya. (yfi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: