Persebaya Menjadi Penentu Juara Liga 1 Musim Ini, Hadapi Persib juga Bali United

 Persebaya Menjadi Penentu Juara Liga 1 Musim Ini, Hadapi Persib juga Bali United

Radartasik.com, Persebaya akan memiliki peran besar bagi siapa juara Liga 1 2021/2022, karena Bajul Ijo akan menghadapi Persib dan Bali United, dua tim yang memiliki peluang merebut juara Liga 1 musim ini.


Persebaya akan menjamu Persib terlebih dahulu di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (19/3) malam. Enam hari berselang, giliran Bali United yang akan meladeni mereka di Stadion I Gusti Ngurah Rai.

Persebaya menolak anggapan bakal ”mengalah” kepada satu di antara Bali United atau Persib Bandung agar mereka bisa juara Liga 1

Dengan tiga pertandingan tersisa, pertarungan terpenting Persib musim ini bakal datang saat menghadapi Persebaya. Klub berjuluk Maung Bandung itu membutuhkan kemenangan untuk tetap menjaga asa juara.

Saat ini, mereka hanya berjarak tiga poin dari Bali United yang menguasai puncak klasemen dengan raihan 69 angka. Jika Persib kalah dari Persebaya, Bali United bahkan bisa menggelar pesta lebih cepat jika mampu menang atas Madura United.

Bali United memiliki keunggulan head to head atas Persib. Di pertemuan pertama, mereka memang bermain imbang 2-2. Tetapi di putaran kedua lalu, Bali United berhasil mengunci kemenangan tipis berkat gol tunggal Stefano Lilipaly.

Jika Persebaya kalah atas Persib dan menang atas Bali United sepekan setelahnya, persaingan juara bisa berlangsung sampai laga terakhir. Jika skenario itu terjadi, pertarungan pekan terakhir bakal melibatkan lebih banyak tim.

Pada laga penentuan nanti, Persib masih harus berhadapan dengan tim papan bawah, Barito Putera. Posisi klub berjulukan Laskar Antasari itu masih belum aman karena hanya berjarak dua poin dari Persipura Jayapura yang berada di zona merah.

Jika skenario ini yang terjadi, laga penentuan nanti bakal berlangsung seru. Tak hanya menghadirkan momen bahagia sang juara. Tim terakhir yang bakal terdegradasi ke kasta kedua, akan ditentukan pada laga terakhir ini. 


Persib Diunggulkan


Pelatih Persebaya Aji Santoso memberikan target poin penuh bagi tim. Dia mengakui persiapan tim berjalan dengan baik. Dengan waktu hampir satu pekan, Persebaya bisa mematangkan persiapan untuk bisa kembali mengalahkan Persib seperti putaran pertama lalu.

“Hampir semua pemain bisa hadir, bisa ikut latihan. Mudah-mudahan pertandingan melawan Persib ini semua pemain bisa tampil maksimal dan kembali mengambil poin penuh dari Persib Bandung,” kata Aji dalam konferensi pers jelang laga, Jumat (18/3/2022).

Aji mengakui tidak mempermasalahkan kekuatan Persib yang kini dihuni oleh mantan pemain Persebaya, David Da Silva. Bahkan mantan pelatih Persela Lamongan ini tidak sabar untuk bertemu dengan mantan pemainnya ini.

“Justru saya lebih senang jika besok tim lawan bermain dengan full team. Artinya, pertandingan nanti bisa berjalan dengan seru. Pemain kami juga full team, meski tidak ada Marselino dan Ricky Kambuaya,” kata Aji.

Pada putaran pertama lalu, Persebaya berhasil menaklukkan Persib dengan skor akhir 3-0. Meski kedua tim melakukan perombakan pada putaran kedua ini, Aji tetap optimistis timnya bisa kembali meraih hasil maksimal.

“Saya melihat pertandingan besok melawan Persib mudah-mudahan berjalan seru. Bagi kami tidak masalah David main atau tidak, itu urusan lawan bukan urusan kami. Yang jelas kami sudah siap menghadapi Persib,” tegas Aji.

Bagi Aji, Persib menjadi tim kuat dan bersaing ketat untuk mendapatkan gelar juara. Sebagai tim yang produktif dalam mencetak gol, melawan tim dengan kebobolan paling sedikit tentu menjadi tantangan menarik bagi Persebaya.

“Seperti di putaran pertama kami menaklukkan Persib, memang kemenangan itu bukan patokan untuk pertemuan nanti. Tapi paling tidak anak-anak menghadapi Persib tidak gentar, percaya diri, dan bisa kembali mengalahkan Persib,” jelas Aji.

Saat ini Persebaya berada di urutan ketiga klasemen sementara dengan 59 poin. Sementara Persib berada di urutan kedua dengan perbedaan mencolok, tujuh poin. Namun di sisa tiga laga ini, peluang Persebaya untuk merebut posisi runner-up masih terbuka lebar meski peluang juara sudah tertutup.

Sementara Persib datang dengan modal tidak terkalahkan dalam sembilan laga terakhir pasca takluk dari Bhayangkara FC. Maung Bandung tampil luar biasa dalam kurun waktu itu. (rs/sam/pps/rak)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: