Pembelajaran Manasik Haji di MTsN 10 Tasikmalaya Jadi Motivasi untuk Berangkat Haji

Pembelajaran Manasik Haji di MTsN 10 Tasikmalaya Jadi Motivasi untuk Berangkat Haji

Radartasik.com, TASIK — Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 10 Tasikmalaya melaksanakan pembelajaran manasik haji, Kamis (17/3/2022). Pembelajaran itu merupakan realisasi dari pembelajaran Fiqih.


Kepala Sekolah MTsN 10 Tasikmalaya, H Ade Yuyu Sopyudin mengatakan, pembelajaran manasik haji untuk memberikan pembelajaran haji secara langsung kepada siswa. 

"Pembelajaran haji ini ada di kelas VII, biasanya dilaksanakan setiap kelas, kali ini kami laksanakan secara bersama-sama dengan bapa ibu guru," katanya kepada radartasik.com, Jumat (18/3/2022).

Menurutnya, pembelajaran manasik haji tersebut untuk memberikan pembelajaran secara langsung kepada siswa berkaitan manasik haji, tidak hanya untuk siswa tetapi semua warga sekolah. 

"Kami juga akan melaksanakan untuk kelas IX pada akhir sekolah nanti. Manasik haji secara bersama-sama ini merupakan perdana kami laksanakan di sekolah," jelas Ade.

Manasik haji dengan miniatur lengkap itu, kata H Ade Yuyu Sopyudin, sebagai motivasi siswa, guru dan ornag tua untuk berangkat haji. 

"Saran saya setiap jenjang sekolah itu harus ada pembelajaran manasik haji ini, agar ruh motivasi berangkat naik haji ini lebih banyak," katanya.

Pembelajaran manasik tersebut juga sebagai doa agar bisa berangkat haji. Karena Ade, yakni dengan cara apapun Allah SWT akan memberikan jalan untuk bisa berangkat haji. 

"Mudah-mudahan dengan anak-anak ini membacakan doa haji itu, menjadi doa untuk berangkat. Apalagi dalam kegiatan tersebut ada pembelajaran yang utuh," kata dia.

Targetnya, manasik haji di MTsN 10 itu dilakukan akan setiap tahun, dengan miniatur berangkat haji yang lengkap. 

"Ke depannya kita akan terus laksanakan, dengan miniatur lengkap seperti beribadah haji yang sesungguhnya. Mudah-mudahan saja ini menjadi motivasi semuanya," harap dia. (ujang nandar / radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: