20 Pembalap MotoGP Sapa Fans, Juara Qatar Jadi Duta Pariwisata, Jokowi Lemes

20 Pembalap MotoGP Sapa Fans, Juara Qatar Jadi Duta Pariwisata, Jokowi Lemes

Radartasik.com, JAKARTA — Parade MotoGP di Jakarta pagi tadi (Rabu, 16/3/2022) berlangsung cukup meriah. Para pembalap menempuh rute dari Istana Negara menuju Hotel Indonesia.


Presiden Indonesia Joko Widodo menyambut 20 pembalap yang terdiri dari 16 pembalap MotoGP, 2 rider Moto2 dan 1 pembalap Moto3, serta 1 pembalap Asia Talent Cup.

Dalam jamuannya, presiden melakukan swafoto bersama sejumlah rider sambil menikmati hidangan khas Indonesia yang telah disediakan.

Selepas acara di Istana Negara, para pembalap konvoi dari Istana Negara menyusuri Jalan Medan Merdeka Utara, ke arah Jalan Medan Merdeka Barat melewati depan gedung RRI dan berakhir di Hotel Kempinski, di kawasan Bundaran Hotel Indonesia. 

Tampak pembalap, seperti Marc Marquez, Joan Mir, Francesco Bagnaia, dan Jack Miller terlihat antusias mengikuti acara tersebut hingga saling bercengkrama dengan para penggemar yang hadir di pinggir jalan.

Acara ini merupakan rangkaian awal untuk menyambut MotoGP 2022 yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika pada 18 hingga 20 Maret mendatang.

Setelah rangkaian acara ini, para pembalap akan langsung terbang ke Mandalika untuk melakukan test drive yang dilakukan Jumat (18/3/2022).


Juara MotoGP Qatar 2022 Enea Bastianini saat menyapa warga di kawasan Sudirman-Thamrin. Foto: Dok GPriority

Juara GP Qatar

Enea Bastianini turut serta dalam parade pembalap MotoGP di Jakarta. Bersama 19 pembalap lainnya, Enea yang menunggangi motor Ducati Panigale 899 milik Federal Oil antusias mengikuti kegiatan.

Ducati Panigale 899 milik Federal Oil itu adalah replika dari motor balap Ducati Desmosedici GP21 yang digunakan pembalap tim Gresini Racing di MotoGP

Menyusuri ruas jalan Sudirman-Thamrin dan berakhir di Istana Kepresidenan, Enea tidak ketinggalan menyapa warga sekitar. Tak salah jika Enea menjadi salah satu pembalap sorotan publik tanah air.

Selain memenangi balapan di Qatar, Enea memang #bikinbanggaIndonesia dengan banyaknya merek produk asli tanah air menempel di kostum dan motor balapnya.

Enea Bastianini yang sudah tidak sabar mengaspal di Sirkuit Mandalika, Lombok, mengaku akan maksimal saat melakoni seri MotoGP Indonesia pada 18-20 Maret mendatang.

”Saya sudah tidak sabar setelah balapan yang luar biasa di Qatar. Saya telah ambil kemenangan pertama saya di musim ini, tak akan mudah untuk mengulanginya, tetapi kami sudah dapatkan perkembangan yang baik dalam tes lalu,” ungkap Enea Bastianini dalam siaran resmi.

Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio membalap untuk tim Gresini Racing. Tim Gresini Racing yang didukung sejumlah merek asal Indonesia, dipercayakan Kementerian Parwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai Duta Pariwisata Indonesia di ajang balap MotoGP.


Presiden Joko Widodo menerima kunjungan sejumlah pembalap MotoGP di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (16/3/2022). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi Langsung Lemes

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membatalkan diri mengikuti iring-iringan pembalap MotoGP dari Istana Merdeka menuju Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Jokowi mengaku kecewa karena dilarang berkonvoi dengan Marc Marquez. ”Saya tidak naik motor, arena tidak diperbolehkan, dari sisi keamanan. Jadi tadi saya lemes gitu,” kata Jokowi usai melepas para pembalap MotoGP di Istana Negara.

Seperti diketahui, Jokowi menerima kunjungan sejumlah pembalap MotoGP di Istana Merdeka, Jakarta. Kunjungan tersebut digelar sebagai penghormatan para pembalap dunia kepada Presiden Jokowi karena MotoGP 2022 diselenggarakan di Indonesia. 

Para pembalap tiba sekitar pukul 09.30 WIB dan diterima langsung Presiden Jokowi di halaman Istana Merdeka.

Setelah berbincang santai selama sepuluh menit, para pembalap satu per satu masuk ke ruang kredensial untuk melakukan sesi foto bersama Kepala Negara. 

Usai sesi foto bersama, para pembalap MotoGP kemudian menuju motor masing-masing untuk melakukan kegiatan parade yang mengangkat tema Pertamina Grand Prix of Indonesia: Energy to Speed Up Parade. (jpnn/fin)

Daftar pembalap yang mengikuti parade di Jakarta:

1. Marc Marquez (Repsol Honda Team)

2. Pol Espargaró (Repsol Honda Team) 

3. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar)

4. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar)

5. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team)

6. Jack Miller (Ducati Lenovo Team)

7. Enea Bastianini (Gresini Racing MotoGPâ„¢?)

8. Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing MotoGPâ„¢?)

9. Johann Zarco (Pramac Racing)

10. Jorge Martin (Pramac Racing)

11. Alex Marquez (LCR Honda Castrol)

12. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu)

13. Andrea Dovizioso (WithU Yamaha RNF MotoGPâ„¢? Team)

14. Darryn Binder (WithU Yamaha RNF MotoGPâ„¢? Team)

15. Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team)

16. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team)

17. Bo Bendsneyder (Pertamina Mandalika SAG Team/Moto2)

18. Gabriel Rodrigo (Pertamina Mandalika SAG Team/Moto2)

19. Mario Aji (Honda Team Asia/Moto3)

20. Veda Ega Pratama (Idemitsu Asia Talent Cup)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: