KPU Banjar Menyisir Pesantren-Pesantren

KPU Banjar Menyisir Pesantren-Pesantren

radartasik.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar terus berupaya meningkatkan pelayanan daftar pemilih untuk penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024. Salah satu terobosan yang dilakukan yaitu Road to Pesantren.


“Road to Pesantren ini bertujuan untuk jemput bola guna melakukan pendataan terhadap para santriwan/santriwati yang berusia 17 tahun atau yang akan berusia 17 tahun pada 14 Februari 2024 nanti,” kata Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Muhklis, Kamis (10/3/2022).

Dani Danial menuturkan, Road to Pesantren didasari banyaknya pemilih dan calon pemilih di lingkungan pesantren yang akan menggunakan hak pilihnya di Pemilu tahun 2024. Baik warga Kota Banjar maupun luar Kota Banjar.

Selain pendataan, kata Dani, Road to Pesantren juga dalam rangka membangun silaturahmi dengan pondok pesantren di Kota Banjar.

“Di tahap pertama ini, kami hanya melakukan koordinasi awal dulu dengan pengasuh atau bidang kesantrianya untuk selanjutnya pada tahap berikutnya akan dilakukan pendataan dan atau sinkronisasi data,” katanya.

Saat ini, KPU Kota Banjar telah mengirimkan surat ke masing-masing pondok pesantren di Kota Banjar. Selanjutnya, pihaknya menunggu kesediaan masing-masing pondok pesantren untuk dikunjungi.

“Sampai saat ini, baru ada dua ponpes yang telah menerima kunjungannya. Yaitu Ponpes Jabal Rahmah di Desa Mulyasari dan Ponpes Fathurrahman di Desa Binangun Kecamatan Pataruman,” kata dia. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: