TPP Belum Ada Kepastian Cair

TPP Belum Ada Kepastian Cair

radartasik.com, Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Banjar belum bisa memastikan kapan tambahan penghasilan pegawai (TPP) aparatur sipil negara (ASN) dan semua pejabat cair.

TPP sendiri saat ini mengalami keterlambatan pembayaran untuk Januari dan Februari 2022.

“Kami belum bisa memastikan jadwal pencairannya kapan karena dari pusat sendiri kota (Kota Banjar) sudah masuk ke dalam daftar daerah yang akan segera cair TPP-nya. Kami masih terus mengecek di Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD),” kata Kepala BPKPD Kota Banjar Agus Eka Sumpana melalui Kepala Bidang Perbendaharaan Riany Dwi Setianingrum, Rabu (9/3/2022).

Hingga saat ini, TPP bagi ASN dan pejabat di lingkup Pemkot Banjar belum dibayarkan. Keterlambatan lantaran rekomendasi persetujuan dari Kemendagri belum turun.

“Pembayaran TPP ini sebenarnya tinggal menunggu rekomendasi, karena harus ada rekomendasi dari Kemendagri,” kata Agus Eka Sumpana.

Agus Eka menyebut, kendala rekomendasi terlambat karena indikator tiap semesternya berbeda-beda. Salah satu syarat realisasi capaian pembayaran insentif kesehatan penanganan Covid-19.

“Seluruh pemda belum ada rekomendasi (Kemendagri). Begitupun Kota Banjar, sehingga pembayaran TPP ASN mengalami keterlambatan,” katanya.

Agus Eka menyebut, pembayaran TPP bagi ASN biasanya dilakukan pada minggu pertama atau minggu kedua setiap bulannya. “Seluruh Indonesia pasti terlambat dalam pembayaran TPP ASN. Namun keterlambatan ini masih normal,” katanya.

Kabag Organisasi Setda Kota Banjar Asep Mulyana menyebut, rekomendasi TPP bagi ASN Kota Banjar sudah sampai tandatangani oleh Kemendagri. Tinggal di-upload di SIPD, setelah upload perwal bisa diberikan nomor.

“Nomor perwal tidak boleh mendahului rekomendasi. Untuk itu kita harus mendapat rekomendasi, baru kita bisa mendapatkan nomor perwal,” katanya.

Asep Mulyana menambahkan, Kota Banjar menjadi satu dari 38 kabupaten/kota di Indonesia yang sudah memenuhi kriteria persyaratan turunnya rekomendasi untuk pembayaran TPP bagi ASN.

“Ada 38 kabuA­paten/kota yang sudah memenuhi kriA­teria perA­syaratan tuA­runnya rekoA­mendasi. Kota Banjar salah saA­tunya. MuA­dah-muA­dahan seA­cepatnya,” kaA­ta dia. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: