Air Irigasi Padawaras Terus Mengalir, 1.000 Hektare Lahan Pertanian di Cipatujah Tasikmalaya Bisa Digarap

Air Irigasi Padawaras Terus Mengalir, 1.000 Hektare Lahan Pertanian di Cipatujah Tasikmalaya Bisa Digarap

Radartasik.com, TASIK — Masyarkat di Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya secara mandiri merawat aliran irigasi Padawaras. Terlebih air irigasi sudah setiap hari mengalir, meski tidak terlihat perawatan dari pemerintah.  


Kepala Desa Padawaras, Yayan Siswandi mengatakan, setiap harinya, air sudah mengalir di irigasi Padawaras. Namun belum terlihat adanya aktivitas perbaikan dan perawatan dari pihak PSDA

"Sayang bila tidak dirawat, karena air irigasi sudah mengalir normal," katanya kepada radartasik.com, Selasa (8/3/2022).


Untuk itu, masyarkat terus melakukan perawatan saluran irigasi secara swadaya, agar air yang kini mengalir normal bisa sampai ke lahan pertanian. 

"Karena seluruh masyarkat saat ini hanya menginginkan air itu mengalir normal dan swadaya itu bentuk dari antusias masyarakat bahwa sangat membutuhkan air untuk mengairi lahan pertanian," kata Yayan Siswandi menjelaskan.


Masyarakat di Kecamatan Cipatujah, kata Yayan, yang terpenting saat ini yakni tetap mengalirnya air irigasi setiap hari karena untuk perawatan masyarkat juga bisa melakukannya. 

“Walaupun katanya pada tahun 2023 mendatang akan ada perbaikan dengan nominal Rp 127 miliar," ujarnya. 

Dengan mengalirnya secara normal air irigasi itu, saat ini, kata dia, kurang lebih 1000 hektare lahan pertanian bisa digarap oleh masyarkat. 

Bahkan lahan pertanian yang sebelumnya atau puluhan tahun tidak tergarap kini bisa ditanami oleh petani. 

"Alhamdulillah, kini sudah sampai Desa Sindangkerta yang sebelumnya tidak sampai," kata Yayan Siswandi(ujang nandar / radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: