Kenaikan Harga Cabai Dianggap Masih Wajar

Kenaikan Harga Cabai Dianggap Masih Wajar

radartasik.com, BANJAR - Kondisi Usaha para petani sayuran, termasuk pedagang berbagai komoditas pangan di Pasar Banjar belum stabil. Ini masih dipengaruhi dengan fluktuatifnya beragam komoditas, termasuk sayuran. 


Seperti cabai, untuk jenis cabai hijau harga per hari ini naik Rp 5.000 per kilogram. Sedangkan cabai merah keriting malah anjlok dari harga sebelumnya Rp 70.000 menjadi Rp 45.000. 

Kabid Perdagangan Dinas KUKMP Kota Banjar Mamat Rahmat SSTP MSi menyebutkan, kenaikan harga cabai rawit hijau masih tergolong wajar. ”Harga cabai rawit hijau sebelumnya Rp 30.000, sekarang naik jadi Rp 35.000 per kilo. Segitu mah masih stabil,” kata dia kepada radartasik.com, Jumat (4/3/2022).

Untuk harga cabai rawit merah masih tetap Rp 65.000 per kilo. Sedangkan cabai merah keriting harganya Rp 45.000, padahal pekan lalu masih di Rp 70.000 per kilo. 

”Setiap kebutuhan pokok pasti ada kenaikan harga. Terlebih menjelang hari raya atau hari peringatan besar,” jelasnya. 

Diakuinya, kenaikan harga bisa disebabkan beberapa faktor. Mulai cuaca yang mengakibatkan gagal panen atau karena jumlah kebutuhan yang semakin besar namun tidak diimbangi dengan stok yang ada. 

Salah seorang pedagang di Pasar Banjar, Yeyen membenarkan adanya kenaikan harga untuk cabai rawit hijau per hari ini.  Dirinya tak mengetahui apa yang menjadi faktor penyebab naik turunnya harga cabai.

”Kalau minggu kemarin yang naik tinggi justru harga cabai merah keriting sampai Rp 70.000 per kilo. Kalau kita pedagang mah, maunya harganya tetap atau stabil. Kalau mahal susah jualnya, ada yang beli tapi tidak banyak,” ujarnya. (nto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: