Gedung Bappelitbangda Kota Banjar Sudah Digunakan

Gedung Bappelitbangda Kota Banjar Sudah Digunakan

radartasik.com, BANJAR — Gedung Bappelitbangda di Jalan Batulawang nomor 26 Kelurahan Hegarsari Kecamatan Pataruman sudah ditempati para pegawai. Gedung dengan arsitek mirip musium ini dibangun sejak tahun 2019.


Secara bertahap, anggaran total yang diusulkan awalnya Rp 10 miliar. Hingga tahap ketiga, pembangunan gedung sudah menelan dana sekitar Rp 7 miliar.

“Sudah bisa difungsikan dan digunakan dengan baik. Pembangunan tahap keempat tinggal penyempurnaan bagian depan dan lantai atas untuk aula. Mudah-mudahan dukungan anggaran selanjutnya bisa segera terwujud penyempurnaan pembangunannya,” kata Kepala Dinas PUPR Kota Banjar Tomy Subagja melalui Kepala Bidang Cipta Karya Irman Nurachman di ruang kerjanya, Kamis (24/2/2022).

Ia menyebut, gedung itu dibangun secara bertahap karena menyesuaikan kemampuan anggaran. Saat ini, meski tinggal penyempurnaan, bangunan itu sudah bisa ditempati dan digunakan dengan baik untuk Bappelitbangda.

“Desainnya memang unik dan tidak seperti kantor pemerintahan atau kantor OPD yang lainnya. Ini lebih seperti seperti musium. Unik,” katanya.

140 SR KINI Teraliri Air Bersih

Dinas PUPR Kota Banjar telah melakukan optimalisasi pipa penyalur air bersih dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Situ Batu sepanjang 9 kilometer. Hasilnya, kolaborasi dengan Perumdam Tirta Anom Kota Banjar, air bersih yang dialirkan dari IPA melalui jaringan utama pipa yang tertanam itu sudah bisa menyuplai air bersih ke 140 sambungan rumah (SR).

“Sudah ada 140 SR yang berhasil disuplai air bersih dari IPA Situ Batu. Kami terus melakukan optimalisasi terhadap pipa yang sudah terpasang itu. Ke depan secara konsisten kami juga akan terus melakukan optimalisasi dan kajian, jika masih ada kebocoran pada pipa utama, kita ganti,” kata Irman.

Menurut dia, dengan dibangunnya IPA Situ Batu, target ada 4.000 sambungan rumah yang disuplai air bersih atau menjadi konsumen Perumdam Tirta Anom Kota Banjar. “IPA sudah bisa memproduksi air bersih. Kami terus melakukan optimalisasi jaringan yang sudah terbangun. Langkah selanjutnya yakni rencana induk sistem penyediaan air minum (RISPAM),” ucap Irman.

Ia berharap dengan IPA itu masyarakat di beberapa desa dan kelurahan di Kecamatan Banjar bisa menikmati air bersih produksi dari Perumdam Tirta Anom Kota Banjar.

“Target tahun 2024 mudah-mudahan semua SR yakni sebanyak empat ribu sambungan rumah teraliri air bersih, kemudian Perumdam juga di sana bisa mandiri,” katanya. (cep/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: