KCD Tegaskan Kunjungan Industri dari SMK Sementara Ditiadakan

KCD Tegaskan Kunjungan Industri dari SMK Sementara Ditiadakan

Radartasik.com, BANJAR - Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Jabar wilayah XIII Herry Pansila meminta masing-masing sekolah, SMKN 2 dan SMKN 1 Banjar mengedukasi lebih lanjut, meski permasalahannya sudah diselesaikan.  Termasuk wali kelas atau guru dari kedua siswi, intens memberi pembinaan, agar mereka tak mengulangi perbuatannya. 

"Saya dapat informasi dari pihak sekolahnya kasus tersebut sudah diselesaikan secara islah," kata dia kepada radartasik.com, Kamis (24/2/2022). 

Permintaan Kepala KCD Pendidikan Jabar wilayah XIII Herry Pansila ini, terkait puluhan bahkan sampai ratusan pelajar SMKN 2 Banjar sempat mendatangi SMKN 1 Banjar, Rabu (23/2/2022) sekitar pukul 11.45 WIB. 

Hal ini dipicu ungkapan dua pelajar SMKN 1 Banjar dalam sebuah video 15 detik, viral di medsos yang memuat kata-kata kasar dan terkesan menyudutkan SMKN 2 Banjar. Ini akibat gagalnya kunjungan industri ke luar daerah. 

Persoalan ini bisa diselesaikan dengan damai. Surat keterangan dan permohonan maaf dan untuk saling memaafkan dari kedua siswa dan kepala sekolah juga telah dibuat. 

Imbauan Herry juga bukan hanya ditujukan kepada 1 atau 2 sekolah saja. Herry menegaskan, semua sekolah harus mengancangkan pengawasan serta mengedukasi para siswa agar bijak saat berselancar di dunia maya. Termasuk menjelaskan alasan penghentian sementara kegiatan kunjungan industri.

"Kita sudah keluarkan surat keterangan berdasarkan masukan dari surat edaran Walikota Banjar. Karyawisata untuk sementara ditiadakan," ujarnya. 

Berdasarkan surat edaran Walikota Banjar melarang atau tidak memperbolehkan melakukan kegiatan ke luar daerah.  Terlebih saat ini, Covid-19 Omicron terus meningkat. Sehingga kegiatan karyawisata atau kunjungan industri, sementara ditiadakan. 

"Mungkin ini ada luapan dari siswa sudah masuk sekolah, namun caranya salah atau tidak bisa terkendali. Saya malu, semoga kasus ini tidak merebet ke sekolah lain," ujarnya. (Anto Sugiarto/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: