Pansus Tinjau Langsung Lokasi CDOB Tasik Selatan

Pansus Tinjau Langsung Lokasi CDOB Tasik Selatan

Radartasik.com, KABUPATEN TASIKMALAYA – Panitia Khusus (Pansus) 1 DPRD Provinsi Jabar bergerak ke Kabupaten Tasikmalaya, berdialog dan meninjau langsung ke lokasi DOB di Kecmatan Karangnunggal, Selasa (22/2/2022).

Tampak hadir Ketua Pansus I, Sadar Muslihat SH dari Fraksi PKS, H Arip Rachman SE MM Fraksi PDI-Perjuangan, Viman Alfarizi Ramadhan ST, MBA Fraksi Gerindra, Hj Neng Madinah Ruhiat, Fraksi PPP dan KH Tetep Abdul Latip, Fraksi PKS. Dewan dapil Tasikmalaya itu langsung mendengar aspirasi masyarakat.

Sekretaris Presidium DOB Kabupaten Tasela Asep Saepuloh  menyampaikan, pertemuan ini dihadiri juga unsur Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Presidium, Pemerintahan Desa dan Kecamatan. 

"Tadi kami menerima kunjungan dari Pansus 1 DPRD Provinsi. Ada dua agenda kunjungan sebetulnya. Pertama dialog. Kedua melihat langsung bakal calon ibu kota DOB Kabupaten Tasela,” katanya kepada radartasik.com Selasa (22/2/2022).

Selain itu, hadir pula unsur akademisi dari Universitas Padjadjaran (Unpad). Termasuk anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya dari Dapil 5 dan 6.

Sejauh ini Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya sudah mengusulkan sebanyak 10 kecamatan untuk DOB Kabupaten Tasela. Antara lain Cikatomas, Cipatujah, Cibalong, Bojongasih, Parungponten, Bantarkalong, Cikalong, Pancatengah, Karangnunggal dan Culamega. 

“Kami tetap pada usulan sejak awal, yaitu 10 kecamatan. Kalaupun nanti akan ada tambahan, Sodonghilir dan Bojonggambir misalnya, itu manjadi kewenangan provinsi atau pusat,” katanya.

Sementara, Anggota Pansus I DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) Arip Rachman SE MM, menjelaskan tinjauan secara langsung ini  tindaklanjut hasil rapat paripurna pembentukan pansus pada, Jumat (12/2) lalu. "Ya kita ketemu dengan masyarakat, mendengar aspirasi masyarakat, dan mereka sangat menyambut dan sepakat DOB Tasela ini. Walaupun kewenangan pusat, kita hanya melanjutkan usulan," kata dia.

Menurutnya, walaupun moratorium belum dicabut oleh pusat, akan tetapi daerah atau CDOB harus dipersiapkan. Jadi ketika sudah dicabut, infrastruktur sudah siap.

"Pemerintah daerah atau Kabupaten Tasikmalaya kan, dikabarkan sudah mempersiapkan lahan rumah sakit. Ini lokasinya di calon ibu kota Tasela di Karanunggal, walaupun di kajian Unpad DOB Tasela ini masuk ke Kecamatan Bantarkalong juga," jelas dia. (Ujang Nandar/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: