Produk Lokal Jadi Potensi Desa Wisata Selawangi Tasikmalaya

Produk Lokal Jadi Potensi Desa Wisata Selawangi Tasikmalaya

radartasik.com, TASIKMALAYA — Pemerintahan Desa Selawangi, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya terus meningkatkan potensi desa. Salah satunya dengan memunculkan potensi wisata desa dengan tema Pasar Buhun, Rabu (16/2/2022).


Sekretaris Desa Selawangi Husaeni mengatakan, saat ini pemerintah desa tengah mempersiapkan dan berbenah sebelum nantinya Desa Wisata itu diluncurkan pada 28 Februari 2022 mendatang.

Nantinya, melalui Pasar Buhun, produk rumahan warga seperti makanan opak, tenteng, kelontong, bugis, rengginang dan olahan tradisional lainnya dijajakan.

“Rencananya, setiap hari minggu akan ada bazar dan kegiatan lainnya. Ini merupakan gerbang awal membuka desa wisata di desa kami,” katanya kepada wartawan, Rabu.

Selain ada Pasar Buhun, dalam konsep desa wisata di Desa Selawangi itu juga ada camping ground. Nantinya, selain berkemah, disuguhkan pula berbagai kegiatan kearifan lokal seperti menangkap belut di sawah dan menangkap ikan menggunakan tangan di kolam.

“Ada camping ground juga, nantinya kita sediakan berbagai wahana dan kegiatan, seperti nangkap lubang di sungai, belut di sawah, sama nangkap ikan atau ngobeng balong,” tuturnya.

Guna menarik wisatawan, menurut Husaeni, pemerintah desa sudah bekerja sama dengan salah satu travel. Bahkan, pada saat pembukaan tanggal 28 Februari nanti, sudah ada 200 wisatawan yang akan berkunjung. “Mereka akan nginap di sini, kita kerja sama dengan travel,” katanya.

Sementara itu, Ketua RT di Dusun Selakaso Desa Selawangi, Robi (38) mengatakan, ada empat dusun yang akan tergabung dalam Pasar Buhun tersebut. Antara lain Dusun Selawangi, Dusun Selakaso, Dusun Jagawaras dan Dusun Cilenga.

“Kegiatannya biasa saja, pasar tradisional, mendagangkan barang-barang tradisional. Sesuai dengan namanya, Pasar Buhun. Terus bakal ada camping ground. Jadi, empat dusun gabung di sini. Buat kami warga, ini terobosan bagus. Mudah-mudahan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya. (Ujang Nandar/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: