Sudah Diprediksi Terjadi Lonjakan Covid-19, Per Hari 27.197 Kasus, Pemerintah Sudah Siapkan Langkah Antisipasi

Sudah Diprediksi Terjadi Lonjakan Covid-19, Per Hari 27.197 Kasus, Pemerintah Sudah Siapkan Langkah Antisipasi

Radartasik.com, Kasus Covid-19 di tanah air terus mengalami lonjakan. Bahkan, per Kamis (3/2/2022), jumlah kasusnya 27.197. Kenaikan itu dipicu oleh varian Omicron.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan perhatian lebih terkait lonjakan kasus harian Covid-19 di tanah air. Angkanya mencapai 27.197 per Kamis (3/2/2022).

Menurut Presiden Jokowi lonjakan kasus harian Covid-19 sudah diprediksi pemerintah akibat merebaknya varian Omicron di dalam negeri. Pemerintah pun telah menyiapkan langkah-langkah untuk antisipasi.

”Lonjakan ini sudah diperkirakan dan diantisipasi pemerintah. Kesiapan-kesiapan kita sudah jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun lalu,” ujar Jokowi di YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (4/1/2022).

Presiden Jokowi menuturkan, pemerintah telah lebih siap dalam menghadapi varian Omicron. Misalnya mulai dari rumah sakit (RS), ketersediaan oksigen, dan obat-obat terapi Covid-19.

”Baik dari segi rumah sakit, obat-obat, dan oksigen, tes isolasi maupun tenaga kesehatan,” papar Presiden Jokowi.

Walaupun angka kasus harian Covid-19 terus mengalami lonjakan akibat varian Omicron ini, Jokowi menegaskan, kondisi tingkat keterisian rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) RS di dalam negeri masih sangat terkendali.

”Dan kondisi rumah sakit hingga saat ini juga masih terkendali,” tutur Presiden Jokowi.

Oleh sebab itu, Presiden Jokowi minta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak perlu panik sambil tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Angka penularan Covid-19 pada Kamis (3/2) mencapai 27.197 kasus. Sedangkan pasien dinyatakan sembuh sebanyak 5.993 orang. Kemudian meninggal dunia dalam sehari sebanyak 38 orang. (jp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: