Tunjukkan Keseriusan Pemindahan Kota, Jokowi Berencana Berkemah di Titik Nol IKN Nusantara

Tunjukkan Keseriusan Pemindahan Kota, Jokowi Berencana Berkemah di Titik Nol IKN Nusantara

Radartasik.cm, KALTIM -  Sebagai bentuk keseriusan pemerintah untuk memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim), Presiden Jokowi berencana berkemah di titik nol kawasan IKN baru dalam waktu dekat ini. Rencana tersebut diungkapkan Gubernur Kaltim, Isran Noor, Rabu (02/02/2022).



“Pak Presiden akan bermalam, berkemah di titik nol (IKN). Waktunya masih diatur. Tapi tidak lama lagi,” ungkap Isran seperti dikutip dari Antara.

Rencana berkemah di titik nol, menurut Isran, disampaikan Presiden Jokowi kepadanya saat rapat singkat di VIP Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, usai pengukuhan PBNU, di Balikpapan Sport Center and Convention Dome, Senin (31/01/2022) lalu.

“Kami rapat hanya tiga orang. Pak Presiden, Menteri Sekretaris Negara, dan saya,” ungkapnya.

Saat berkemah di titik nol IKN nanti, tambah Isran, akan dimanfaatkan Jokowi untuk bertemu para tokoh adat di Kaltim. Mulai tokoh adat Kutai, Dayak, Paser, Berau, Banjar, Bugis, dan Jawa.

Saat itu juga akan ditampilkan karya seni budaya dari beragam suku di Kaltim. Selain itu, juga akan dilakukan doa bersama demi kelancaran pemindahan IKN Nusantara dari Jakarta ke Sepaku.

Demi menyiapkan rencana tersebut, Isran meminta, kepada siapa pun Sekda Kaltim terpilih nanti, agar segera berkoordinasi dengan pihak Istana Negara di Jakarta untuk mempersiapkan rencana tersebut.

Isran sudah mendapat kepastian, untuk rencana tersebut, seluruh proses penyelenggaraan acara akan dibiayai Sekretariat Negara. Sementara, pengaturan lokasinya akan ditentukan Kementerian PUPR, TNI dan Polri.

Menurut Isran, rencana berkemah di titik nol IKN ini menjadi bukti kuat bahwa Jokowi sangat serius dengan mimpi besarnya memindahkan ibu kota ke Sepaku, Penajam Paser Utara.
Qq
Apalagi, DPR telah memberikan dukungan dengan mengesahkan Undang-Undang IKN, 18 Januari lalu. "Ini berkah luar biasa bagi Kaltim dan pemerataan pembangunan bagi Indonesia," tegas Isran. (usu/rm/zul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: